INVESTASI
Anggota DPRD Lampung Joko Santoso.(nti/pin)
07/5/2019 22:55:14
547

Harga Bawang Putih Melonjak Karena Kurangnya Pemerintah Menjamin Harga Bahan Pokok

Harianlampung.com - Fenomena kenaikan harga bawang putih yang melonjak tinggi mencapai Rp 90.000/kg dinilai karena kurangnya kesiapan pemerintah dalam menjamin harga kebutuhan bahan pokok jelang Ramadhan  1440 H. Demikian disampaikam anggota DPRD Provinsi Lampung, Komisi II Joko Santoso.

Menurutnya kejadian ini selalu terjadi berulang ulang setiap tahunnya menjelang bulan suci Ramadhan, seharusnya pemerintah lebih jeli lagi melihat stok apa saja yang tidak ada di pasar dan masalah ini seharusnya menjadi suatu pembelajar bagi kita semua dan sebaiknya pemintah harus menyiapkan ini semua agar tidak adanya kekurangan bahan pokok yang setiap tahunnya terjadi di lapangan.

"Fenomena kenaikan harga ini setiap tahun terjadi, seharusnya pemerintah bisa lebih siap, sebelum harga melonjak. Jangan harga naik baru disiapkan dan peran Dinas Perdagangan di daerah," kata Joko Santoso diruang kerjanya, Selasa (07/5).

Joko menambahkan bahwa, kemungkinan nanti menjelang hari raya Idul Fitri akan kembali terjadi lagi kenaikan kebutuhan bahan pokok, sebaiknya  pemerintah dari sekarang harus mempersiapkan kebutuhan bahan pokok yang kurang guna mencukupi kebutuhan jelang hari raya. Untuk sidak pasar ini efektifnya seharusnya sebelum bulan puasa, pertengahan puasa dan menjelang hari raya Idul Fitri agar menekan harga kebutuhan pokok,ujar Joko Santoso.

"Jika perlu di lakukan operasi pasar, ya seharusnya sekarang operasi pasarnya. Jangan setelah sudah melonjak harganya baru melakukan operasi pasar," tegasnya.

Masyarakat selalu menjadi objek setiap jelang puasa Ramadhan dan jelang Hari Raya Idul Fitri,setiap tahunnya menghadapi gejolak kenaikan sejumlah harga bahan pokok, seharusnya masyarakat menjadi objek diringankan pemerintah dalam setiap menghadapi bulan suci Ramadhan,sehingga ibadah puasanya menjadi khsuyuk,harap Joko Santoso.
(nti/her)