INVESTASI
Bazar pangan murah di Metro.(her/pin)
17/5/2019 11:49:35
688

Stabilitaskan Harga, Pemprov Gelar Bazar Pangan Pokok di Iring Mulyo Metro

Harianlampung.com - Dalam rangka menjamin wujud Stabilitas harga bahan pangan pokok, Pemprov Lampung menggelar Bazar pangan murah yntuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan bahan pangan pokok dalam rangka menghadapi Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) dengan harga Distributor, Kamis (16/5).

Pemeintah Provinsi Lampung melalui Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung menggelar kegiatan Bazar Pangan Murah (BPM) yang dilaksanakan dilaksanakan di Kelurahan Iring Mulyo Kecamatan Metro Pusat Kota Metro disambut antusias masyarakat.

Pelaksanakan kegiatan Bazar Pangan Murah ini Pemprov Lampung menggandeng perusahaan perusahan yang berfungsi sebagai penyedia bahan pangan pokok (Vendors) seperti Perum Bulog Divre Lampung, PT. Indo Guna Utama, PT. Prima Lacto, PT. Ciomas Adisatwa, PT. Wahana Tirtosari (Sanco) dan PT. Pinsar Petelur Nasional serta beberapa vendors lainnya yang ikut meramaikan kegiatan Bazar Pangan Murah yang mengusung tema dengan Bazar Pangan Murah kita Tingkatkan akses pangan masyarakat, ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung Ediyanto.

Menurut Ediyanto, kegiatan Bazar Pangan Murah kali ini sangat disambutan hangat dari masyarakat sekitar, karena masyarakat mampu membeli bahan pangan pokok dengan harga yang terjangkau, diantaranya beras Rp. 8500 per kg, bawang merah Rp. 23.000,- bawang putih Rp. 32.000 per kg, minyak goreng Rp. 10.500,- daging sapi beku Rp. 80.000,- terlur  ayam Rp. 21.000 per kg, daging ayam Rp. 32000 per kg dan gula pasir dijual dengan harga Rp.11.000 per kg,jelas Ediyanto.

Kami juga mengucapkan terimakasih atas dukungan dari Bank Indonesia dengan menggelar penukaran uang receh (pecahan)bagi masyarakat yang membutuhkannya,kata dia.

Sementara, Kepala Bidang Ketersediaan dan Kerawanan Pangan Dinas  Ketahanan Pangan Provinsi Halimatusyadiah menambahkan bahwa, kegiatan bazar oangan murah yang dilakukan pemerintah Provinsi Lampung mendapat dukungan positif dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia dalam rangka menstabilkan harga bawang putih dengan melakukan operasi pasar  bawang putih  dengan mendatangkan bawang putih sebanyak 50 ton ke Provinsi Lampung  yang dilakukan di tiga tempat yaitu di pasar tugu, pasar panjang dan Kabupaten Tanggamus serta Kabupaten Tulang Bawang, yang berdampak pada penurunan harga dari  Rp.60.000 menjadiRp 35.000 per kilogram.

“Harapan kami dengan semakin sering  dilakukannya kegiatan Bazar Pangan Murah di beberapa tempat maka akan semakin mudahnya masyarakat dalam membeli bahan pangan pokok dengan harga terjangkau,"harap Halimatusyadiah selaku kepala bidang Ketersediaan dan Kerawanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung.
(her)