INVESTASI
Suasana Halalbihalal.(her/pin)
03/7/2019 16:59:26
625

Halal Bihalal P3RI PTPN VII, Pensiunan Sumber Informasi

Harianlampung.com - Direktur Utama PTPN VII Muhammad Hanugroho mengaku mendapat informasi terbaik dari karyawan yang sudah pensiun. Oho, sapaan akrabnya, mengatakan hal itu saat menyampaikan sambutan pada acara halal bihalal Persatuan Purnakaryawan Perkebunan Republik Indonesia (P3RI) Ranting PTPN VII, di GSG Kantor Direksi, PTPN VII, Bandar Lampung (Rabu, 3/7/19).

“Saya bersama Pak Dirop (Husairi) masuk ke PTPN VII ini belum dua tahun. Seperti apa kondisi perusahaan ini, kami tidak tahu persis. Padahal, untuk memimpin satu tim, kami butuh informasi komprehensif. Dan, informasi lengkap serta detail, terutama soal non teknis, saya dapat dari karyawan yang sudah pensiun,” kata dia.

Pada acara yang dihadiri Direktur Operasional Husairi dan Direktur Komersil Achmad Sudarto itu, mantan Direktur SDM dan Umum Budi Santoso, serta ratusan purnakaryawan.

Oho berterima kasih kepada para pensiunan. Ia mengatakan, data dan informasi dari para pelaksana manajemen yang sudah pensiun menambah perspektif kebijakan ke depan.

“Pertama kali masuk sini (PTPN VII), salah seorang sesepuh P3RI bilang ke saya: ‘Dari pada dapat informasi dari mana-mana, lebih baik tanya kepada sumbernya saja’. Ini adalah pintu masuk yang sangat baik bagi saya,” kata dia.

Sementara itu, dalam sambutan pengantarnya, Ketua P3RI Ranting Kantor Direksi PTPN VII, Prihakso menyatakan surprise dengan kehadiran seluruh direksi pada acara temu kangen para pensiunan hari itu. Mantan Kabag Satuan Pengawas Internal (SPI) itu mangatakan, baru kali ini acara para sepuh itu dihadiri direksi.

“Kami merasa tersanjung pada acara halal bihalal yang sederhana ini Bapak-Bapak Direksi berkenan hadir,” kata dia.

Kepada Jajaran Direksi, Prihakso melaporkan berbagai kegiatan yang diadakan P3RI dalam upaya terus menjalin silaturahmi. Berbagai kegiatan P3RI, kata dia, dibiayai secara mandiri dari potongan manfaat para pensiunan oleh Dana Pensiun Perkebunan (Dapenbun).

“Jadi, seperti kegiatan ini dananya dari iuran anggota melalui Dapenbun. Selain silaturahmi seperti halal bihalal ini, kami juga mengadakan senam lansia setiap Jumat dan latihan Satria Nusantara setiap Minggu,” kata dia.

Acara penuh nostalgia itu diakhiri dengan sosialisai Dapenbun online. Dalam paparannya, Wakil Kepala Dapenbun Cabang Lampung Irlan Kesuma memperkenalkan layanan mutakhir Dapenbun yang bisa diakses melalui smart phone berbasis Android.

Irlan mengatakan, aplikasi Dapenbun Online dapat diunduh di play store Google Play melalui smart phone.

“Aplikasi ini untuk memudahkan Bapak Ibu para pensiunan dalam mengakses semua fasilitas yang menjadi hak dan kewajiban di Dapenbun. Hanya dengan hp berbasis Android, bapak ibu bisa melakukan semua aktivitas yang berkaitan dengan Dapenbun. Dari info berapa gaji kita, dan lainnya,” Irlan.

Terkait dengan teknologi Android yang mungkin sebagaian pensiunan tidak familiar, Irlan mempersilakan anggota meminta bantuan dari orang-orang terdekat.

“Kalau bapak ibu tidak biasa pakai Android, bisa minta bantu kepada anak atau cucunya. Tetapi, jangan minta bantuan kepada orang lain yang tidak bertanggung jawab. Sebab, data-data yang kita masukkan itu menyangkut data pribadi dan bisa disalah gunakan. Pastikan, yang kita minta bantuan itu yang bisa kita percaya,” kata dia.
(rls/her)