INVESTASI
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.(her/pin)
09/11/2019 07:24:06
566

Kesuksesan Festival Kopi 2019, 4 Hari Nilai Transaksi Capai Rp10 Miliar

Harianlampung.com - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mangkuk bangga dan mengucapkan terimakasih kepada semua pihak atas kesuksesan penyelenggaraan Festival Kopi Lampung 2019. Kesuksesan tersebut tak hanya dari jumlah pengunjung yang mencapai 30 ribu dan telah berhasil membagi 20 ribu cup kopi robusta, tapi juga nilai transaksi yang mencapai sekitar Rp10 miliar.

Festival ini juga berhasil memecahkan Rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) melalui Minum Kopi Fine Robusta bersama 3000 Wanita. Sertifikat Rekor MURI tersebut, diberikan oleh Senior Manager Muri Awan Rahargo kepada Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak baik Pemerintah Kabupaten/Kota Se-Provinsi Lampung, dunia usaha, dan stakeholder yang telah bekerjasama dan bersinergi dalam mendukung terlaksananya kegiatan Festival Kopi Lampung Tahun 2019," kata Gubernur Arinal Djunaidi, saat menutup Festival Kopi Lampung 2019, di Elephant Park, Enggal, Bandarlampung, Sabtu (9/11) siang.



Arinal berharap melalui Festival Kopi Lampung 2019 ini dapat meningkatkan nilai jual, daya saing dan branding Kopi Lampung yang lebih mendunia, serta menumbuhkan inovasi-inovasi baru darl pelaku usaha kopi.

Festival Kopi Robusta Lampung 2019, kata Gubernur Arinal merupakan ajang untuk memperkenalkan Kopi Lampung, khususnya Kopi Fine Robusta.

"Berbagai kegiatan yang dilaksanakan di Festival Kopi Lampung 2019 bertujuan untuk menunjang produktivitas perkebunan kopi, peningkatan kemampuan pengolahan Industri kecil menengah Kopi Bubuk Lampung, peningkatan wawasan, ajang kompetisi, dan promosi berbagai produk kopi," ujar Arinal.

Melalui kegiatan Festival Kopi Lampung 2019, Gubernur Arinal berharap adanya peningkatan kesejahteraan petani kopi Lampung melalui penguasaan teknologi budidaya kopi yang baru, sehingga para petani akan lebih diuntungkan selain mutu hasil produksinya meningkat, permintaan pasar lokal juga akan meningkat seiring dengan perkembangan kedai kopi di seluruh wilayah Provinsi Lampung, dan pada ahirnya menjadi petani kopi Lampung Berjaya.

"Kemudian mendorong masyarakat Lampung usia dewasa bukan hanya kaum pria tetapi juga wanita untuk mengkonsumsi Kopi Robusta Lampung. Menumbuhkan Destinasi Wisata Kopi, karena perkebunan kopi yang baik akan menjadi daya tarik wisata dalam menikmati keindahan alam Lampung," jelasnya.

"Saya ingin untuk di Kabupaten/Kota semua ada gerai atau Cafe Coffe agar kopi Lampung selalu ada dan hadir di seluruh daerah," kata Arinal Djunaidi.

Sementara, saat di panggung utama Festival kopi 2019, Ketua TP PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal, S.H., mengajak kaum wanita untuk gemar minum kopi, tentunya kopi petani kopi Lampung.

"Minum kopi, jika dilakukan dengan cara yang benar, maka akan memberikan manfaat yang menyehatkan bagi kesehatan," kata Riana Sari.

Sementara itu, Ketua pelaksana Festival Kopi Lampung 2019, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Lampung Taufik Hidayat menuturkan Festival Kopi Lampung yang berlangsung selama empat hari yaitu sejak tanggal 6 November hingga 9 November 2019 telah berjalan sukses dan meriah.

Taufik menjelaskan bahwa festival ini menjadi ajang mengenalkan kopi robusta Lampung melalui berbagai event-event yang telah dilaksanakan diantaranya pameran dan promosi produk kopi unggulan, Seminar Kopi, kejuaraan nasional kopi (brewwing coffe battle contest, robusta coffee cupping, late art), Lampung Coffee Gallery.

"Kemudian akan ada gelar budaya Lampung Culturing wisdom, temu bisnis kopi, fashion show kopi, cerdas cermat petani kopi, Lokakarya kopi, edukasi kopi untuk wanita, lomba foto instagram romantisme kopi, pemilihan duta kopi Lampung," tandasnya.

Taufik juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada berbagai pihak yang telah mendukung sepenuhnya terlaksananya pelaksanaan Festival Kopi Lampung 2019.
(her)