INVESTASI
Pelatihan leader A PTPN VII.(her/pin)
09/11/2019 22:47:46
567

Pejabat PTPN VII Ikuti Leader As A Coach Training

Harianlampung.com - Enam belas pejabat setingkat Kepala Bagian dan Manajer di lingkungan PTPN VII Wilayah Lampung mengikuti pelatihan Leader As A Coach di Hotel Bukit Randu, Bandar Lampung, Sabtu (9/11).

Selama dua hari mereka akan dipandu para master coach dari Pesona Coaching Clinic untuk membangkitkan energi positif dan teknik menggerakkan potensi diri dan tim sebagai pemimpin.

Kepala Bagian SPI PTPN VII Agus Faroni mengatakan, program ini merupakan bagian dari upaya perusahaan untuk meningkatkan pengetahuan unsur pimpinan. Ia menambahkan, perkembangan zaman dengan tumbuhnya teknologi tinggi telah mengubah pola pikir dan pola komunikasi yang harus diantisipasi oleh setiap leader. Oleh karena itu, kata dia, setiap pimpinan harus mengikuti gerak cepat perubahan itu.



“Ini adalah upaya manajemen untuk memperkaya khasanah keilmuan atau corporate knowledge untuk unsur pimpinan. Kami berharap, apa yang didapat dari training selama dua hari ini menjadi bekal bagi para Kabag dan manajer memimpin timnya. Lebih dari itu, ilmu yang didapat juga harus ditularkan atau sharing knowledge secara berjenjang di korporasi,” kata dia.

Mantan Sekretaris Perusahaan PTPN VII ini mengakui, persoalan komunikasi seorang pimpinan kepada tim di bawahnya maupun dengan kolega menjadi kunci keberhasilan tugas. Di PTPN VII, tambah dia, kompleksitas masalah komunikasi antar personel menjadi hal cukup pelik.

“PTPN VII ini organisasinya sangat besar. Ada lebih dari 10 ribu karyawan yang kategorisasinya sangat lengkap. Dari karyawan yang bahkan tidak punya ijazah karena tugasnya menyadap karet atau pemanen sawit. Dan jumlahnya dominan. Di level atas juga ada unsur profesional. Nah, untuk bisa diterima semua level, kita butuh strategi komunikasi yang tepat,” kata dia.

Tentang materi yang akan diserap pada training ini, Aep Susanto, pimpinan Pesona Coaching Clinic dalam pengantarnya mengatakan, pihaknya lebih kepada mendampingi setiap individu pemimpin dalam memecahkan masalah. Melibatkan enam coach profesional bersertifikat, Aep menyebut berupaya membangkitkan potensi pada setiap peserta untuk lebih progresif memimpin tim.

“Mentor-mentor kami dalam kelas coaching ini akan lebih memposisikan sebagai cermin. Langkah pertama dalam metode coaching ini, kami akan mendegar dan menyediakan ruang kepada peserta untuk mengetahui apa potensi terbesar dalam dirinya.

Dari situ kemudian kami akan memberikan pendampingan untuk mengeluarkan energi positif yang konstruksinya tepat untuk diterapkan sesuai zamannya,” kata Aep.

Aep mengatakan, ada beberapa materi krusial yang akan disampaikan dengan metode simulasi yang akan dipantau secara detail oleh tim.

Selain materi dasar yang umum diberikan para motivator, tim dari PT Pesona Karya Semesta ini juga akan memberi materi khusus. Antara lain, keahlian mendegar (listening skills), merancang pertanyaan positif (positive question design), mendesain motivasi, dan lainnya.

“Para mentor kami belajar khusus dan cukup lama pada lembaga coaching internasional untuk menggali potensi-potensi ini. Dari training ini, kita kemudian akan menyadari bahwa setiap individu itu pasti ada keunggulan. You Are A Star, Anda adalah bintang. Dan kami akan bangkitkan sinarnya,” kata dia.(
(her)