INVESTASI
Sosialisasi merek dagang dan sertifikasi halal.(her/pin)
12/11/2019 20:51:51
533

Disdag Sosialisasikan Pentingnya Daftar Merk Dagang,Sertifikasi Halal ke UKM

Harianlampung.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung melalui Dinas Perdagangan Provinsi Lampung menggelar kegiatan sosialisasi merek dagang dan sertifikasi halal kepada pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Provinsi Lampung pada Selasa (12/11). Kegiatan digelar di aula Kantor Dinas Perdagangan Provinsi Lampung.

Dalam sosialisai ekitar, hadir sekitar 50 pelaku usaha yang mengikuti untuk menjadi sasaran sosialisasi tersebut dengan rincian 20 UKM untuk sosialisasi sertifikasi halal dan 30 UKM untuk sasaran sosialisasi merek dagang hadir dalam sosialisasi tersebut.

Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Lampung Satria Alam usai membuka sosialisasi mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan dengan sasaran agar semua UKM bisa terdaftar dan memiliki merek dagang dan sertifikasi halal yang sah.

"Kalau merek dagang terdaftar artinya bisa menjual produk yang dapat dipertanggungjawabkan dan sah. Termasuk untuk UKM yang sudah dapat sertifikasi halal memberikan perlindungan pada konsumen terutama konsumen bagi umat muslim di Provinsi Lampung," kata Satria Alam saat diwawancarai wartawan.



Menurut Satria Alam, kegiatan ini untuk mengajak seluruh UKM untuk tertib usaha. Dengan harapan UKM bisa melalui Dinas Perdagangan atau langsung mengurus merek dagang  ke Kemenkumham agar usaha UKM sah, dengan merek ini dan usahanya bisa di patenkan hak mereknya. Begitu pula dengan kementerian agama yang program saat ini memiliki kewenangan pengurusan sertifikasi halal.

Namun akan dicek lebih dahulu dengan Kementerian Agama dalam pemohonan merek dagang dan sertifikasi halal. Barulah jika memenuhi syarat akan diterbitkan merek dagang dan sertifikasi halal.

"Karena dengan diterbitkannya kedua hal ini bsa menjadi syarat UKM  buat fasilitas kredit. Apakah sudah tersertifikasi halal dan merek dagangan, untuk menjamin kepastian hukum. Baik pengusaha maupun konsumen yang juga haknya dilindungi," tambahnya.

Dalam sosialisasi tersebut, Disdag Lampung mengundang dua orang narasumber untuk memberikan informasi langsung pada pelaku UKM yang berasal dari Kementerian Hukum dan HAM Kanwil Lampung  Fatmawati,SH,MH selaku Kepala Revisi Pelayanan Kumham,sedangkan perwakilan dari Kanwil Kemenag Lampung dihadiri Dra.Hj.Muliawati Betawi selaku Kepala Seksi Produk Halal.

Dalam sosialisasi, Ketua Pelaksana kegiatan sosialisasi Ir.Ofrial mengatakan bahwa, untuk izin baik Kanwil Kemenkumham dan Kemenag tentu telah menyiapkan segala sesuatu persyaratan berupa pengisian blanko permohonan.

Menurut Ir.Ofrial yang juga Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri (PDN), bagi UKM yang mengurus izin sertifikasi halal atau merk dagang, Pemerintah akan memberikan biaya pengurusan secara gratis kepada 50 UKM.

Karena, tujuan UKM yang layak dan memenuhi syarat untuk mendapatkan hak merk dari Kementrian Hukum dan Ham dan sertifikasi halal dari Kementrian agama perwakilan Provinsi Lampung.

Selain itu, tujuannya tentu untuk meningkatkan nilai tambah dan nilai tawar hasil produk UKM di Provinsi Lampung, tandasnya.(
(her)