INVESTASI
PT.KAI tertibkan BKS.(nti/pin)
21/11/2019 19:00:29
553

PT.KAI Divre IV Tertibkan dan Kosongkan Pedagang di Pelataran BkS

Harianlampung.com - PT Kereta Api Divre IV Tanjung Karang melakukan penertiban dan pengosongan pada pelataran area Bambu Kuning Square (BKS) yang dijadikan sebagai kios para pedagang, Kamis (21/11).

Manejer Humas PT KAI DIVRE IV Tanjung Karang Sapto Hartoyo mengatakan bahwa pembongkaran lahan pedagang di area  lahan yang milik PT KAI  di BKS untuk pengekfetifan yang nantinya akan dijadikan lahan parkir Stasiun,  hal itu merupakan tindak lanjut sesuai dengan arahan dan petunjuk  Gubernur Lampung.

"Sebelum pembokaran ini kami telah melakukan pemberitahuan kepada para pedang ini karena  lahan miliki PT KAI ini akan kita lakukan penataan ulang serta pembersihan dan para pedang juga sudah membokar lahan sejak tadi malam, untuk sementara lahan ini kita pagar dahulu menggunakan seng," kata Sapto Hartoyo.



Sapto menambahkan bahwa, pihak BKS sejak melakukan penandatanganan kontrak selama empat tahun dari tahun 2008-2011  tidak menunaikan kewajiban sehingga total tunggakan serta perubahan NJOP sampai  saat ini yang harus dibayarkan kepada pihak PT KAI senilai Rp68 Miliar.

"Pada initinya dari tahun 2011 tidak ada pembayaran, wan prestasi, untuk selanjutnya belum ada rencana, karena sudah tidak ada kontrak, untuk bangunan kita sedang melakukan negosiasi," tuturnya.

Sementara itu Kapolres Bandar Lampung AKBP Yan Budi Jaya mengungkapkan bahwa kedua belah pihak yakni PT KAI dan pengelola BKS sudah sama-sama menyadari kewenangan tugas masing-masing.

Pihaknya menerjunkan 70 pasukan terdiri dari gabungan TNI,  Polri, Pol PP, dan Petugas untuk penertiban BKS ini.

"Penertipan pengosongan lahan ini berjalan lancar dan masyarakat yang telah menepati lahan itu juga sudah mengerti, kedepanya nanti akan ada komunikasi lanjut antara KAI dan pihak pengelola BKS," tutup AKBP Yan.(
(nti/her)