INVESTASI
Ir. Sugeng Budi Prasongko,MM.(her/pin)
09/1/2020 19:05:52
600

PTPN VII Unit Wabe Menerima Penghargaan Anugerah Proper 2019

Harianlampung.com - PT Perkebunan Nusantara VII (PTPN VII) Unit Way Berulu (WABE) Kabupaten Pesawaran Lampung menerima Penghargaan Anugerah Proper 2019.

Penghargaan ini diserahkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya kepada PTPN VII Bungamayang yang diterima langsung oleh Dirut PTPN VII Muhammad Hanugroho dan Unit Wabe yang diwakili oleh Kepala Bagian Teknik Pengolahan PTPN VII Bambang Hartawan.

Tahun 2019 merupakan tahun ke-8 Unit Way Berulu mengikuti proper dan menjadi tahun menuju perolehan proper hijau.

Unit Way Berulu sekaligus juga menjadi perusahaan Pabrik karet satu-satunya di seluruh PTPN Group yang meraih proper hijau.

PROPER atau Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup merupakan program penilaian yang dilakukan oleh Kementerian Hidup dan Kehutanan terhadap perusahaan dalam pengelolaan lingkungannya.

PTPN VII Unit Way Berulu telah mengikuti penilaian Proper sejak tahun 2011. Tercatat, tahun 2012 dan 2014, Unit Wabe meraih proper hijau dan sejak tahun 2013, 2015 hingga 2018 secara berturut-turut meraih proper biru (taat aturan). Dengan komitmen yang tinggi dari manajemen Unit Wabe pada tahun 2019 ini berhasil meraih proper Hijau (Beyond Compliance).

Pada level biru perusahaan taat pada aturan, penilaian mengenai pengelolaan lingkungan. Diantaranya penilaian tata kelola air, pengelolaan limbah B3, pengendalian pencemaran udara, pengendalian pencemaran air, dan pelaksanaan analisis mengenai dampak lingkungan. Sedangkan kategori hijau (Beyond compliance) penilaian terkait kinerja pengembangan masyarakat yang dilakukan oleh perusahaan.

Manajer  PTPN VII Unit Way Berulu Sugeng Budi Prasongko mengatakan bahwa, Unit Way Berulu sangat konsentrasi dalam pelaksanaan CSR yang berkelanjutan.

Menurutnya, program CSR yang dilakukan memenuhi kaidah proper dengan lebih fokus pada aspek pemberdayaan, capacity building, infrastruktur charity.

“Porsi yang lebih besar diberikan kepada program pemberdayaan dan capacity building untuk memastikan masyarakat sekitar merasakan dampak positif dari keberadaan PTPN VII Way Berulu secara berkelanjutan,” kata Sugeng Budi Prasongko, Kamis (9/1).

Sementara, Direktur Utama PTPN VII Muhammad Hanugroho mengatakan, sebagai BUMN, dalam menjalankan usahanya PTPN VII selalu mengedepankan prinsip-prinsip pengelolaan bisnis yang ramah lingkungan dan selalu memperhatikan pengembangan masyarakat di sekitar wilayah operasi secara berkelanjutan.

“PTPN VII senantiasa berpegang teguh menjaga keseimbangan alam, bersahabat dengan lingkungan dan senantiasa hadir bagi pengembangan ekonomi dan kemajuan masyarakat,” jelas Oho panggilan akrabnya, usai menerima penghargaan Proper 2019 di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Rabu, (8/1/2020) kemarin.

PTPN VII, lanjut Oho, patut bersyukur, karena dalam kondisi perusahaan yang masih belum sehat saat ini mampu meraih 2 penghargaan Proper Hijau tahun 2019 dari 18 Unit PTPN VII yang ikut berpartisipasi, serta menyampaikan rasa terima kasih atas penghargaan tersebut.

“Terima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan yang telah mendukung sehingga dapat menjalankan tugasnya menyediakan produksi bahan baku hasil perkebunan yang bermutu dan prosesnya ramah terhadap lingkungan. Semoga PTPN VII selalu menebarkan energi kebaikan untuk masa depan Indonesia yang lebih ramah lingkungan,” pungkas Oho.
(her/pin)