KAWASAN
Warga sambut pasar murah. (pin/ist)
17/5/2017 21:26:35
198

Warga Banjarbaru Sambut Baik Pasar Murah Disperindag Lampung

Harianlampung.com - Ratusan Kampung Pancakarsa Purnajaya, Banjarbaru, Kabupaten Tulangbawang menyambut baik pasar murah bersubsidi yang digelar Dinas Perdagangan Provinsi Lampung di kampungnya.

Pasar murah yang menyediakan kebutuhan pokoh warga seperti telur, minyak goreng dan gula tersebut, dijual dengan harga lebih rendah dibandingkan dengan harga di pasar saat ini.

"Kami sangat terbantu karena saat ini harga sejumlah kebutuhan pokok cenderung naik ketika menjelang Ramadhan," ujar Miskiyah, seorang warga setempat yang turut antre, Selasa (16/5).

Harga di pasar murah kali ini, warga dapat menghemat lebih dari 50 persen, dibanding dengan harga di pasaran. Kondisi itulah yang membuat ratusan warga rela antri. Bagi warga, selain harga yang lebih terjangkau, pasar murah tersebut juga berdekatan dengan puasa Ramadhan yang tinggal beberapa hari ke depan.



Kegiatan pasar murah ini yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Lampung yang bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Tulangbawang bertujuan untuk membantu masyarakat agar mendapatkan harga yang lebih murah di pasaran.

“Menjelang Ramadhan dan Idul Fitri, fenomena kenaikan harga di beberapa kebutuhan pokok selalu terjadi. Pasar murah merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh pemprov dan berharap akan membantu masyarakat,” ujar Asisten Bidang Pembangunan Adeham saat menyampaikan sambutan Gubernur Lampung M Rhido Ficardo.

Kegiatan ini sangat tepat sebagi wujud kepedulian pemerintah terhadap masyarakat yang berpenghasilan rendah dalam mendapatkan  bahan kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau saat menyambut Ramadhan dan Idul Fitri.

Pasar murah juga jadi ajang memperkenalkan produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) serta koperasi, serta menggugah kebanggaan masyarakat dalam menggunakan produk dalam negeri. 

Sementara,komoditas yang disediakan seperti, beras,minyak goreng,tepung terigu,gula pasir,telur,susu,daging sapi,daging ayam,bawang merah dan putih,cabe,tomat,rempah rempah gas elpiji ukuran 3 kilo gram serta kebutuhan masyarakat lainnya. Pemrov mensubsidi komoditas seperti beras,gula,minyak goreng kemasan,telur ayam broiler dan tepung terigu.

Selama jelang puasa ini, pasar murah sembako akan rutin digelar. Setelah mendekati Lebaran nanti, intensitas pasar murah sembako tersebut akan ditingkatkan. "Kami akan tambah pasar murahnya jika sudah dekat Lebaran. Mudah-mudahan pasar murah ini dapat sedikit meringankan beban masyarakat," demikian katanya.
(her/jon)