KAWASAN
Penandatanganan pakta integritas. (yansen/pin)
18/5/2017 18:30:51
280

279 Calon Kades di Lampura Deklarasi Damai

Harianlampung.com - Sebanyak 279 calon kepala desa (calkades) peserta pemilihan kepala desa secara serentak di Kabupaten Lampung Utara (Lampura) melakukan deklarasi damai di halaman Mapolres Lampura, Kamis (18/5).

Ketua panitia pemilihan kepala desa serentak di Lampura, Yuzar mengatakan 279 calkades itu mengikuti pemilihan di 92 desa tersebar di22 kecamatan. "Semoga pelaksanaan pilkades tahun ini dapat berjalan aman, damai dan sukses," ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Lampura, AKBP Esmed Eryadi mengatakan akan menurunkan 406 anggota, 316 petugas pengamanan yang ditempatkan di setiap TPS.  Selain itu, akan dibackup Dandim, Satpol-PP, dan linmas.

"Pilkades di Lampura harus berjalan dengan sukses, bukan siapa yang menang. Namun proses perjalanannya dapat berlangsung aman dan tanpa halangan apapun. Semua yang ada di sini sepakat pelaksanaan pilkades membangun desa dan membangun kesejahteraan rakyat," ujarnya.

Kapolres mewanti-wanti kepada setiap calon untuk mengikuti pelaksanaan pilkades serentak dengan jujur dan tidak melakukan tindakan pidana apapun. Kepolisian tidak akan bertindak tegas jika ditemukan pelanggaran.

"Telah ada aturannya, bila terjadi tindak pidanan maka polisi akan hadir. Bukan hanya pelaku, orang yang ikut serta dan terlibat dalam proses tindak pidana itu akan ditindak. Kami berharap pelaksanaan pilkades damai lancar sehingga menghasilkan pemimpin yang berbobot," katanya.

Sedangkan Sekdakab Lampura, Samsir mengatakan, semua pihak harus bekerja sama agar pilkades serentak tahun sukses. Panitia diminta melakukan persiapan dengan baik agar pelakasnaan pilkades berlangsung dengan baik.

"Saya menyambut baik kegiatan ini karena dapat mengantisipasi kejadian-kejadian yang tidak diinginkan. Oleh karenanya ia meminta kepada seluruh calon untuk benar-bemar menjalankan apa-apa yang termaktub dalam deklarasi damai tersebut. Sehingga dapat menghasilkan pemimpin yang benar-benar menjadi harapan masyarakat," ujarnya.

Pada kesempatan itu, dilaksanakan pembacaan deklarasi damai oleh salah satu calon kepala desa mewakili calon kepala desa yang mengikuti proses pilkades serentak 2017. Serta penandatanganan fakta integritas perdamaian pemilihan kepala desa serentak.

Beberapa poinnya, yakni tunduk dan taat terhadap pemilihan kepala desa menjaga keamanan dan ketertiban, menghindari propokasi, manipulasi suara, politik uang, menghormati proses pemungutan suara, menerima dengan ikhlas kekalahan dan menerima kepala desa terpilih dimasing-masing desa.
(ysn/mfn)