KAWASAN
Peluncuran Pekon Helau. (eva/pin)
18/5/2017 18:43:40
209

Agus Istiqlal: Pekon yang Siap Dimekarkan agar Segera Diproses

Harianlampung.com - Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal mengatakan pemekaran pekon dibutuhkan untuk pemerataan pembangunan. Pemerintah pekon agar segera memproses jika pekonnya layak dimekarkan.

Permintaan itu disampaikan Agus Istiqlal saat peluncurkan Gerakan Pekon Helau di di Pekon Kotajawa, Kecamatan Bengkunatbelimbing, Kamis (18/5). Acara ini dihadiri para kepala Satker dan pejabat dilingkungan Pemkab Pesisir Barat serta masyarakat setempat.

"Bagi peratin, yang pekonnya memenuhi kriteria pemekaran dari sisi jumlah penduduk, luas wilayah dan potensi sumberdaya manusia dan sumberdaya alam yang layak, agar segera mengajukan kepada satker terkait untuk pemekaran," harap Agus dalam sambutannya.

Peratin sebagai pimpinan tertinggi di pekonnya, diharapkan bisa menjadi bisa mengayomi masyarakat. Serta mendukung dan menyampaikan kepada masyarakat tentang program-program pemerintah.

"Terdapat 116 peratin di Pesisir Barat berlomba-lomba menjadi peratin idaman di pekonnya. Termasuk pemekaran agar bisa diperhatikan untuk menyalurkan program Pemkab serta pemerataan pembangunan keseluruh pelosok khususnya daerah yang termasuk dalam katagoti terisolir," papar Agus.

Usai Idhul Fitri mendatang, Pemkab Pesisir Barat menjadwalkan peresmian Kecamatan Ngaras yang sebelumnya wilayah Kecamatan Bengkunat, dan Kecamatab Bengkunatbelimbing menjadi Kecamatan Bengkunat. Pemekaran ini sudah disahkan DPRD Kabupaten Pesisir Barat beberapa bulan lalu.

"Setelah dilakukan perubahan nama kecamatan tersebut, ke depan diharapkan bisa dilakukan pemekaran menjadi Kecamatan Belimbing hasil pemekaran dari Kecamatan Bengkunat, itu salah satu agenda ke depan," ungkap bupati.

Gerakan Pekon Helau merupakan salah satu program unggulan Pemkab Pesisir Barat. Tujuannya, mewujudkan masyarakat madani, mandiri dan sejahtera. Dengan membangkitkan budaya gotong-royong di masyarakat menjadikan pekon helau (bagus).

Pekon Helau juga untuk menciptakan lingkungan yang ASRI yaitu, Aman, Sejuk, Rapi dan Indah. Sehingga bisa terwujudnya visi misi pemerintah Kabupaten Pesisir Barat, untuk mewujudkan masyarakat madani mandiri dan sejahtera.

Kegiatan tersebut akan diselenggarakan 12 bulan di 116 pekon dan dua kelurahan. Program ini sudah diluncurkan di lima pekon di sebelas kecamatan. Selanjutnya akan dievaluasi dan dilakukan penilaian untuk menghasilkan juara Pekon Helau.

Pekon Helau sudah diluncurkan di di Pekon Kuripan, Kecamatan Pesisir Utara, Pekon Penggawa V Tengah, Kecamatan Karyapenggawa, Pekon Waynapal, Kecamatan Krui Selatan, Pekon Negeriratu Ngambur, Kecamatan Ngambur, dan terakhir hari ini di Pekon Kotajawa, Kecamatan Bengkunat Belimbing.

Dalam program ini, pemerintah setempat memberikan bantuan kepada masyarakat melalui peratin berupa peralatan pertanian seperti cangkul, sabit dan sebagainya.
(eva/mfn)