KAWASAN
Wabup Tanggamus lepas peserta jalan sehat. (zim/pin)
14/11/2017 15:45:18
72

Peringati HKN ke-53, Pemkab Tanggamus Gelar Beragam Kegiatan

Harianlampung.com - Memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus menggelar beragam kegiatan. Puncak kegiatan yang mengangkat tema “Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku” itu digelar di lapangan Pemkab setempat, Selasa (14/11).

Dalam sambutannya, Wakil Bupati (Wabup) Tanggamus Hi. Samsul Hadi menyampaikan, paradigma sehat adalah tujuan pembangunan dalam bidang kesehatan yang sangat mendasar. Berbagai upaya penanggulangan masalah kesehatan lebih menonjolkan aspek peningkatan kesadaran (promotive) dan pencegahan (preventif), dibanding pengobatan (curative).

“Disisi lain juga telah terjadi pergeseran paradigma yaitu dari upaya pelayanan medis (medical care) beralih kepada pelaksanaan program akan lebih berpijak pada penyehatan keluarga dan masyarakat," kata Wabup.

Samsul mempercayai bahwa seluruh masyarakat tahu jika komponen terpenting dalam pencegahan penyakit adalah perilaku hidup sehat. Selain juga dipengaruhi oleh kualitas lingkungan serta sarana dan prasarana pelayanan kesehatan yang memadai.  

"Untuk itu kita perlu terus berupaya membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat pada seluruh masyarakat khususnya didalam lingkungan keluarga," katanya.

Dengan demikian, lanjut Samsul, masyarakat dapat membangun kemandirian keluarga. Hidup sehat juga bagian dari upaya promotif dan preventif yg pada akhirnya dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. "Sehingga tercipta masyarakat yang produktif, yang dapat berperan aktif dalam pembangunan nasional," katanya.

Samsul menambahkan, hidup sehat haruslah dimaknai secara luas, seiring dengan program Indonesia Sehat melalui pendekatan keluarga dengan mendorong segenap lintas program dan lintas sektor terkait, bersama mewujudkan gerakan masyarakat sehat (Germas).

“Gerakan ini bermaksud untuk mendorong masyarakat berperilaku hidup sehat, yang pada akhirnya dapat membentuk bangsa yang kuat.  Peringatan HKN ke-53 Tahun 2017 ini tentu saja menjadi momentum yang sangat istimewa bagi segenap insan kesehatan di seluruh Indonesia," ucapnya.

Dalam peringatan HKN kali ini, pemkab Tanggamus menggelar berbagai kegiatan. Kampanye Germas dan Kegiatan Bhakti Sosial berupa, Aksi sosial bantuan bencana banjir bandang di wilayah kelumbayan barat, Gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di wilayah kerja puskesmas se-Tanggamus, Deteksi dini kanker leher rahim dengan metode Inspeksi Visual Asan Asetat (IVA), dan Deteksi dini Kanker Payudara melalui metode pemeriksaan Payudara sendiri (SADAR).

Dilanjutkan dengan kegiatan Skrining kesehatan dengan pemeriksaan beberapa indikator penyakit tidak menular (PTM), penilaian tenaga kesehatan teladan. Sedangkan pada puncak peringatan HKN hari ini, digelar acara jalan sehat dan senam massal.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup juga melepas peserta jalan sehat yang diikuti oleh seluruh pegawai dinas kesehatan dan seluruh pegawai Puskesmas se-Tanggamus. Turut hadir mendampingi, Asisten 1 Paksi marga, Kadis Kesehatan Sukisno, Direktur RSUD Kota agung Dr. Yudi indarto.
( zim/yls)