KAWASAN
Launching Pilkada Tanggamus. (zim/pin)
07/12/2017 13:28:34
461

KPU Tanggamus Luncurkan Helat Pilkada 2018

Harianlampung.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanggamus secara resmi meluncurkan dimulainya proses Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tanggamus Tahun 2018. Peluncuran itu dilakukan di di Pekon Gisting Bawah Kecamatan Gisting, Rabu (06/12).

Peluncuran ditandai dengan pengguntingan pita Maskot Pilkada Tanggamus berupa Lumba-Lumba dan Pelepasan seribuan Balon Demokrasi.

Hadir dalam acara itu Ketua KPU Lampung Nanang Trenggono, Ketua KPU Tanggamus Otto Yuri Saputra beserta jajaran, Wakil Bupati Tanggamus Hi.Samsul Hadi, M.Pd.I, Forkopimda Tanggamus, Panwaslu, penyelanggara adhock ditingkat kecamatan  serta partai politik (parpol).

Ketua KPU Tanggamus Otto Yuri Saputra mengatakan, pelaksanaan peluncuran Pilkada serentak berdasarkan Peraturan KPU No 1 Tahun 2017 Tentang tahapan Pilgub dan Pilbup  serta PKPU No 8 tahun 2017 Tentang Sosialisasi Pelaksanaan Pilkada Serentak.

”Kegiatan launching ini merupakan sarana sosialisasi dengan harapan meningkatkan partisipasi masyarakat terutama yang memiliki hak pilih, " kata Otto.

Otto menambahkan, dipilihnya Lumba-Lumba sebagai maskot, lantaran merupakan hewan yang banyak ditemui di Teluk Kiluan tersebut adalah ikon dari Bumi Begawi Jejama.

Dalam kesempatan itu, Otto juga mengajak seluruh stake holder untuk bersama-sama menyukseskan pelaksanaan pilkada serentak dengan berperan aktif melakukan sosialisasi. “Kami dari KPU Tanggamus siap melaksanakan Pilkada mulai dari tahapan sampai selesai pilgub maupun pilbuo tahun 2018." kata dia.

Sementara Ketua KPU Lampung Nanang Trenggono dalam sambutannya mengingatkan kepada seluruh penyelanggara untuk melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai peraturan dan kode etik yang berlaku.

Ada empat poin yang diingatkan oleh Nanang pertama KPU Tanggamus harus benar-benar bertanggungjawab bahwa pilbup nanti, sehingga bupati terpilih adalah  benar-benar pilihan rakyat sehingga tidak terjadi keributan, kedua diupayakan semaksimal mungkin tidak ada laporan kode etik, ketiga diupayakakan tidak ada sengketa sebab Tanggamus sudah tiga kali menggelar pilkada.

"Karena sudah tiga kali pilkada harusnya ada progres jadi tidak terjadi lagi sengketa dan keempat target kita semua tahapan bisa dilaksanakan dengan tertib dan baik, "pesan Nanang.

Sementara itu, Wabup Tanggamus Hi. Samsul Hadi menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama menyukseskan tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tanggamus tahun 2018

" dengan cara berperan aktif dalam mensosialisasikan Pilkada serentak ini dan yang lebih penting adalah menggunkan hak pilihnya pada tanggal 27 Juni 2018," kata Samsul.
(zim/ale)