KAWASAN
Ilustrasi (pin/ist)
13/2/2018 09:25:52
807

KPU Tanggamus Tertibkan Alat Peraga Paslon

Harianlampung.com - Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Tanggamus  mengadakan penandatangan kesepakatan (Mou) pelepasan alat peraga sosialisasi pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung serta Bupati dan Wakil Bupati Tanggamus di Kantor Sekretariat Panwaslu, Senin (12/2) sore.

Ketua Panwaslu Kabupaten Tanggamus Dedi Fernando memaparkan, hal itu diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 4 Tahun 2017 tentang Kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Ketentuan terkait ukuran alat peraga kampanye mengenai alat peraga 

"Agar semua pihak dapat bekerjasama untuk berpartisipasi dalam mengawal penyelenggaran Pemilu dalam tiap tahapan sesuai tugas pokok dan tanggungjawab masing-masing berdasarkan undang-undang," harap Dedi Fernando.

Adapun berita kesepakatan meliputi, pertama; penurunan alat peraga kampanye (APK) yang tidak sesuai dengan Peraturan Perundang Undangan menjadi tanggung jawab Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Tanggamus. 

Kedua, lanjut dia, apabila 1 x 24 jam dari jadwal Kampanye yang telah ditetapkan Pasangan Calon tidak menurunkan APK tersebut, maka Panwaslu Kabupaten Tanggamus atau Panwaslu Kecamatan berkoordinasi dengan Satuan Polisi Pamong Peraja setempat dan KPU serta Instansi terkait untuk menurunkan APK tersebut.

"Ketiga, terhadap APK yang diturunkan oleh Panwaslu Kabupaten Tanggamus dan atau Panwaslu Kecamatan serta Satuan Polisi Pamong Peraja, Panwaslu Kabupaten Tanggamus dan atau Panwaslu Kecamatan serta Satuan Polisi Pamong Peraja tidak bertanggungjawab terhadap APK yang telah diturunkan," ujar dia. 

Hadir dalam giat tersebut, Kajari Tanggamus Budiawan perwakilan dan ketua tim pemenangan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tanggamus, Ketua KPU Otto Yuri Saputra, Satuan Satpol PP Tanggamus Mastoher; Dinas Perhubungan Tanggamus Andri dan para ketua Partai pengusung Calon Bupati/Wakil Bupati. 
(zim)