KAWASAN
Ilustrasi (pin)
13/2/2018 18:04:47
628

Lewat Raperda, Bandarlampung Bidik Potensi PAD

Harianlampung.com - DPRD Bandarlampung terus berupaya untuk mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) pemerintah setempat untuk menjalin program unggulan. 

Anggota Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Penataan Rumah Kost,  DPRD Bandarlampung Erwansyah menerangkan, untuk saat ini didalam Raperda itu mengantur setiap pemilik rumah kost lebih dari 10 unit. Akan dikenakan pajak. 

Tujuannya,  agar PAD Pemkot Bandarlampung dapat terdongkrak dengan adanya penarikan Pajak Rumah kost. Ditambah, sejauh regulasi ditingkat Pemerintah daerah mengenai penarikan pajak belum tercantum.

Selain itu,  tujuan Raperda tersebut untuk meminimalisir potensi terjadinya penyelah gunaan rumah kost. 

"Ya kalau kita melihat,  tidak sedikit loh rumah kost dijadikan tempat prostitusi. Kami tidak menginginkan hal itu," kata dia. 

Lalu, jika nantinya jika Raperda itu telah disahkan menjadi Perda maka setiap tamu rumah kost dituntut untuk melaporkan ke RT setempat. 

"Iya kalau ada kawan,  dipersilahkan melapor ke RT,  sebab jika ada laporan kan enak kami mengetahui identitas orang itu, jika ada hal yang dinginkan," kata dia. 

Sementara,  dia mengatakan terlahirnya Raperda itu merupakan Inisiatif DPRD Bandarlampung.

Lantaran,  sebagai bentuk penolakan adanya seks bebas, pihaknya melahirkan Raperda Penataan Tempat Kost. 

Kendati demikian,  jika peraturan itu telah disahkan maka Camat,  Lurah beserta ketua RT dituntu untuk merealisasikan hal tersebut ditingkat lingkungan masyarakat.
(iqb)