KAWASAN
PKK Pesibar (eva/pin)
14/2/2018 11:16:55
625

PKK Pesibar Dorong Konsumsi Ikan

Harianlampung.com - Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Pesisir Barat, menggelar Lomba masak aneka olahan ikan  untuk meningkatkan kreativitas resep masakan yang kreatif dan inovatif masyarakat dalam pengolahan ikan yang berkualitas, bergizi dan sehat.

Kegiatan yang berlangsung di Gedung Serbaguna Selalaw, Pantai Labuhanjukung, Selasa (13/2), itu diikuti 39 peserta yang terdiri dari 28 kelompok satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan 11 kelompok kecamatan.

“Lomba masak serba ikan yang aman, sehat, dan halal tingkat Kabupaten Pesisir Barat, ini untuk mendukung penganekaragaman pangan," kata Eliza yang merupakan salah satu Panitia Pelaksana, saat sambutan pembukaan kegiatan lomba masak olahan ikan tersebut.

Selain itu, kata dia, kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya mengkonsumsi ikan. Sekaligus mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat dan ibu rumah tangga dalan pengolahan ikan.

Lanjut Septi yang juga Ketua TP PKK  Kabupaten Pesisir Barat tersebut, mengharapkan ibu rumah tangga dapat memberikan makanan yang berkualitas dengan memperhatikan prinsip yang sehat.

“Khusus untuk peserta lomba, agar dapat memberikan makanan yang berkualitas, beragam, bergizi, sehat, dan aman serta meningkatkan kualitas olahan makanan datang, agar dapat bersaing dengan daerah lain,” ajaknya.

Selain itu, disampaikan Septi Istiqlal, omba masak ikan ini merupakan kegiatan PKK yang berjenjang mulai dari tingkat kabupaten, provinsi hingga pusat.

Oleh sebab itu, dia mengharapkan dapat menemukan pemenang tingkat kabupaten yang berkualias karena akan mewakili Pesisir Barat dalam kegiatan serupa di tingkat provinsi dan bahkan pusat.

"Tentu, diperlukan semangat dan sportifitas demi kelancaran kegiatan ini. Diharapkan juga dapat meraih pemenang yang benar-benar terbaik," harap Septi.

Bupati Kabupaten Pesisir Barat, Agus Istiqlal saat membuka lomba masak ikan tersebut merespon positif acara yang diselenggarakan PKK Pesisir Barat.

“Kegiatan seperti ini bernilai positif untuk ibu-ibu, bagi ibu-ibu yang belum mahir memasak semoga lebih termotivasi untuk semakin handal memasak bagi keluarganya yang memodifikasi resep makanan dengan tetap memperhatikan sumber karbohidrat, protein, vitamin dan mineral yang disesuaikan dengan prinsip B2SA,"papar Agus.

Selain itu, melalui lomba ini kita dapat mengangkat kembali citra makanan khas daerah yang selama ini masih kalah bersaing dengan makanan modern.

Lomba ini langsung dilakukan penilaian oleh tim juri yang berasal dari masyarakat dan satu juri yakni ketua TP PKK Pesisir Barat. Penilaiannya mencakup tiga kriteria yakni dari nilai gizi masakan, kreativitas cara pengolahan ikan dan cita rasa masakan.

Hasilnya, Juara I lomba masak ikan dari kelompok kecamatan adalah TP PKK Kecamatan  Pesisir Tengah. Juara II TP PKK Kecamatan Ngambur dan Juara III TP PKK Kecamatan Bangkunat. Sementara untuk kelompok SKPD, yakni Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Barat meraih juara pertama. Juara kedua diraih oleh BKD dan juara ketiga Dinas Ketahanan Pangan.

Peserta yang memperoleh juara, panitia memberikan tropi dan uang pembinaan dan selanjutnya akan ditunjuk mengikuti lomba yang sama pada tingkat Provinsi Lampung.
(eva)