KAWASAN
Pelantikan PPID (eva/pin)
08/3/2018 13:31:30
603

Agus Kukuhkan PSM Pesibar

Harianlampung.com - Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), melalui Dinas Sosial (Dinsos), menggelar pengukuhan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) yang ada di Kabupaten setempat, di GSG Selalaw Pantai Labuhan Jukung, kemarin rabu (7/3).

Kegiatan Tersebut dihadiri langung oleh Bupati Pesbar  Agus Istiqlal,  Kepala Dinas Sosial Marzuki,  sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD), Fokopimda dan TKSK serta PSM dari seulurh Kecamatan yang ada di Pesbar.

Dalam kesmepatan itu, usai melaksanakan pengukuhan dalam sambutannya Agus Istiqlal menyampaikan ucapan selamat atas dikukuhkannya pekerja sosial masyarakat (PSM) Kabupaten Pesisir Barat. Dirinya berharap lahir semangat baru dan dapat menyelsaikan persoalan sosial ditengah-tengah masyarakat.

“Semoga dengan dilaksanakan pengukuhan ini akan lahir semangat baru yang dapat mengemban amanah dengan baik serta mampu menyelesaikan berbagai persoalan sosial masyarakat. Sebagai bentuk perpanjangan tangan pemerintah dalam rangka percepatan penanggulangan penurunan angka kemiskinan masyarakat di kabupaten ini,” ungkapnya.

Lanjutnya, dengan adanya penyelenggaraan kesejahteraan sosial merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah dan masyarakat. Sebagai salah satu bentuk kontribusi yang baik dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial masyarakat.

“Hal itu telah diatur dalam undang-undang nomor 11 tahun 2009, pada pasal 38 disebutkan bahwa masyarakat mempunyai kesempatan yang seluas-luasnya untuk berperan dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial,” jelasnya.

Menurutnya,  peranan masyarakat dapat dilakukan oleh kelompok maupun perseorangan yang di antaranya adalah PSM, disamping pilar sosial lainnya seperti TKSK, Karang Taruna, Tagana, Lembaga Kesejahteraan Sosial.

“Sedangkan pada peraturan menteri sosial republik indonesia nomor 01 tahun 2012 pasal 5 disebutkan bahwa tugas-tugas pekerja sosial masyarakat adalah membantu penanganan masalah sosial serta mendorong, menggerakkan, dan mengembangkan kegiatan penyelenggaraan kesejahteraaan sosial,” terangnya.

Terusnya, dalam pasal tersebut juga PSM juga dilibatkan sebagai pendamping sosial bagi warga masyarakat penerima manfaat sekaligus mitra pemerintah dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

“Pada kesempatan ini perlu saya jelaskan bahwa, di Kabupaten Pesisir Barat terdapat 26 penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS), di antaranya kemiskinan, anak terlantar, lanjut usia terlantar, penyandang disabilitas, dan seterusnya. untuk itu, saya berharap kepada pekerja sosial masyarakat (psm) untuk meningkatkan kepedulian dan tanggung jawab dalam penanganan masalah sosial serta konsisten dalam melakukan pendataan masyarakat miskin,” tandasnya.
(eva)