KAWASAN
Andi Wijaya (pin)
12/3/2018 12:51:49
640

Pemkab Tanggamus Imbau Masyarakat Waspada Bencana

Harianlampung.com - Pada satu pekan terkahir, curah hujan yang cukup tinggi di Kabupaten Tanggamus. Ada beberapa kejadian banjir dan longsor. Pemkab Tanggamus mengimbau masyarakat untuk lebih waspada, khususnya yang tinggal didataran tinggi dan dekat aliran sungai.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tanggamus Andi Wijaya mengatakan, musibah banjir dan longsor, selain karena curah hujan yang tinggi, juga disebabkan adanya kerusakan alam. “Jumlah pohon tegakan tinggi berkurang, tanah mudah terkikis. Jika hujan deras dalam waktu lama, air tidak terserap ketanah, langsung meluncur membawa material ranting pohon dan lumpur.”

Menurut Andi, material yang terbawa arus kebawah jumlahnya banyak. Langsung masuk ke gorong-gorong dan drainase dan menyebabkan sumbatan. Ketika hujan deras turun, terjadilah banjir. “Untuk mengantisipasi bencana kita harus jaga lingkungan, jangan sampai rusak,” ujarnya.

Kata Andi, Tanggamus termasuk daerah di Lampung yang rawan bencana. Pemkab Tanggamus sudah membentuk Tim Reaksi Cepat (TRC) dan Unit Reaksi Cepat (URC). “TRC menangani pertama saat terjadi bencana. Didalamnya ada unsur BPBD, Dinas Kesehatan, Dinas PUPR, Dinas Sosial, Dinas Perhubungan.”

Sementara URC, jelas Andi, akan menangani pasca bencana. Di dalamnya melibatkan hampir semua organisasi perangkat daerah (OPD). Tim akan mengupayakan langkah penanganan dampak bencana. Seperti pembangunan sarana yang rusak dan penanganan terhadap masyarakat yang terdampak bencana.

“Di luar itu, pada tingkat Pekon juga sudah mulai dibentuk relawan bencana yang anggotanya unsur masyarakat. Tugas relawan bencana mulai dari membuat peta potensi rawan bencana sampai berkoordinasi dengan BPBD apabila ada bencana,” jelas Sekda Kabupaten Tanggamus.
(nico/ftu)