KAWASAN
Ilustrasi (pin)
10/4/2018 21:40:36
597

Kasatpol PP-Damkar Pesibar Kembalikan Rp698 Juta ke Kasda

Harianlampung.com - Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), Lampung memanggil Kepala Satuan Polisi Pamong Praja-Pemadam Kebakaran (Kasatpol PP-Damkar) dan Bendahara, serta Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra), N. Lingga Kusuma, Selasa (10/4).

Pemanggilan yang dilakukan secara tertutup di ruang Komisi A tersebut menindaklanjuti hasil inspeksi mendadak (sidak) Komisi A, Senin (9/4/2018) kemarin, untuk mencari kejelasan tentang dana Uang Persediaan (UP) Tahun 2017 sebesar Rp698 yang sampai kini belum juga dikembalikan ke kas negara, hingga berdampak terhadap kegiatan di Kantor Satpol PP-Damkar di Tahun 2018 ini yang tidak bisa dibiayai negara, termasuk didalamnya uang makan, uang piket, uang patroli anggota tidak bisa dibayarkan.

"Kasatpol PP-Damkar, M. Nursin Chandra, Bendahara Titin Saprita, bersama dengan Asisten I, N. Lingga Kusuma, sudah dipanggil mengenai penggunaan dana UP itu dan mereka menerangkan bahwa dana UP tersebut telah terpakai namun untuk keperluan dinas," jelas Ketua Komisi A DPRD Pesibar Eliza Wati, menyampaikan kilah Kasatpol PP-Damkar.

Hasilnya, kata Eliza, M. Nursin Chandra bersedia untuk mengembalikan dana UP Tahun 2017 tersebut yang berjumlah Rp698 juta ke Kas Negara.

"Kesimpulannya hari ini, bahwa dalam waktu dekat yaitu minggu ini pihaknya bersedia mengembalikan dana itu secepatnya agar permasalahan ini dapat terselesaikan," lanjutnya.

Sementara itu, anggota Komisi A DPRD Pesibar Ali Yudiem,  menambahkan dalam hal ini DPRD Pesibar berusaha mencari solusi terbaik mengenai permasalahan yang berdampak langsung pada personel Satpol PP-Damkar Pesibar itu.

 

"DPRD Komisi A memberikan saran pertama agar Kasatpol PP mengundurkan diri dari jabatan dan kedua yaitu agar Bupati memberikan sanksi sesuai dengan kebijakan. Dan jika dalam minggu-minggu ini dana itu belum juga dikembalikan, maka akan kita panggil kembali Kasatnya" tutup Ali Yudiem.
(eva)