KAWASAN
Parade Budaya (eva/pin)
16/4/2018 17:34:03
839

Parade Budaya Bebay Ngantak Uyan Sasuduk Berlangsung Meriah

Harianlampung.com - Kemeriahan dan arak-arakan peserta Parade Budaya Bebay Ngantak Uyan Sasuduk, tumpah di sepanjang jalan Protokol Lintas Barat, Kecamatan Pesisir Tengah Kabupaten Pesisir Barat, Senin (16/4) sejak Pukul 12.00 - 15.00 WIB, mengakibatkan kemacetan kendaraan, sehingga beberapa jalur dialihkan.

Parade Budaya dengan tema Bebay Ngantak Uyan Sasuduk tersebut dilepas secara langsung oleh Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan awal Festival Teluk Stabas V yang akan dilaksanakan sejak 16 April 2018 hingga 23 April 2018 mendatang. Even pariwisata yang dihelat Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Pesisir Barat tersebut juga diisi berbagai lomba budaya.

“Bebay Ngantak Uyan Sasuduk” yang diikuti sekitar 1000 warga, karena itu juga untuk event meraih museum rekor Indonesia (MURI). “Kita berharap kegiatan tersebut dapat berlangsung suskes, selain itu pada event FTS juga akan digelar berbagai kegiatan lainnya dalam rangka memeriahkan event HUT Pesisir Barat,” kata Agus Istiqlal, saat melepas peserta pawai.

Sementara itu, kepala Dinas Pariwisata (Dispar), Audi Marpi, mengatakan pada parade budaya Bebay Ngantak Uyan Sasuduk dalam FTS ke-V, itu melibatkan sekitar 1000 ibu-ibu dengan berpakaian kebaya, mengenakan sinjang (sarung) tapis dan selendang penutup kepala, yang berjalan beriringan seraya memikul bakul anyaman bambu yang berisi beras, gula, kue, telur, dan sayuran.

Iringan Bebay Ngantak Uyan Sasuduk yang dilepas oleh Bupati Pesisir Barat di halaman kantor Pemkab setempat, berjalan menuju Pantai Labuhanjukung, Kecamatan Pesisir Tengah, untuk melanjutkan kegiatan Nyelimpok Gelamay (pembuatan kue tradisional khas Lampung Pesisir).

Dipaparkannya, sejumlah lomba yang akan memeriahkan gelaran ini di antaranya Lomba Nyulam Tapis, Tari Adat Lampung, Tari Kreasi Lampung, Ngukokh Kelapa, Ngunduh Damar, Burung Berkicau, Mawalan dan Lomba Nyelimpokh Gelamay. Seluruh perlombaan akan dipusatkan di kawasan wisata Pantai Labuhan Jukung, Krui.
(eva)