KAWASAN
Lomba mancing iwa tuhuk (eva/pin)
09/8/2018 17:15:43
161

230 Kilogram Iwa Tuhuk Berhasil Dipancing Dalam Semarak Pulau Pisang

Harianlampung.com - Pada hari terakhir pelaksanaan semarak pulau pisang yang dilaksanakan kamis (9/8), salah satu kegiatan yang dilaksanakan dalam semarak pulau pisang adalah lomba mancing tuhuk (Blue Marlin) yang merupakan ikon kabupaten Pesisir Barat.

Dalam lomba mancing tuhuk yang pertama kali di laksanakan pada tahun ini, sebanyak 37 jukung ambil bagian, dimana lokasi memancing dilaksanakan disekitar pulau pisang dengan durasi selama lima jam mulai dari pukul 06.00 Wib hingga pukul 11.00 Wib.

Plt. Kepala UPTD Pariwisata Pulau Pisang Aris Pratama mendampingi Kadispar Pesbar Audi Marpi, mengatakan Sebanyak 37 peserta telah mengikuti lomba memancing ikan Tuhuk (Blue Marlin) di laut sekitar Pulau Pisang.

“ Meski banyak peserta yang mengikuti lomba ini, namun banyak peserta yang tidak beruntung dan pulang dengan tangan kosong, sehingga tidak membawa  seekorpun ikan tuhuk itu,” kata dia.

Dijelaskannya, dari jumlah peserta tersebut, jumlah perahu yang berhasil pulang tepat waktu sebanyak enam perahu dengan perolehan sebanyak 7 ekor ikan tuhuk dengan berat secara keseluruhan mencapai 230 kilogram.

“ Hanya ada enam peserta yang berhasil pulang tepat waktu, sedangkan peserta lainnya yang pulang diatas waktu yang kita tentukan tereliminasi sehingga meski mendapatkan hasil tangkapan tidak masuk penilaian,” jelasnya.

Menurutnya, lomba tersebut digelar sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat Pesbar yang kesehariannya sebagai nelayan, selain itu memancing ikan tuhuk merupakan salah satu kegiatan nelayan Pesisir Barat.

“ Ikan tuhuk merupakan salah satu ikon Kabupaten pesbar, dan memancing iklan tuhuk harus selalu dilakukan, dan peengenalan cara memancing ikan tuhuk kita lombakan dalam semarak pulau pisang tahun ini,” terangnya.

Pihaknya berharap, dengan adanya lomba mancing ikan tuhuk itu, bisa lebih mengenalkan tentang potensi laut Pesbar ke pengunjung yang datang, apalagi ikan tuhuk merupoakan ikan andalan nelan Pesbar.

“ Ikan tuhuk ini memiliki nilai ekonomis tinggi, sehingga menjadi andalan nelayan Pesbar, dan potensi ini harus kita kenalkan ke wisatawan yang datang ke kabupaten ini,” pungkasnya.
(eva)