KAWASAN
Iptu Ono Karyono (eva/pin)
10/8/2018 10:35:17
121

Kapolsek Bengkunat Beri Arahan Terkait Perda Pesibar

Harianlampung.com - Bertempat di Aula Kecamatan Ngambur (Kamis 9/8) Kapolsek Bengkunat, Iptu Ono Karyono menyampaikan arahan agar masyarakat Kecamatan Ngambur dan Pesisir Selatan agar dapat memahami dan mentaati peraturan daerah (Perda) Pesisir Barat dan menghindari kegiatan-kegiatan yang negatif.

Selain itu Kapolsek juga memberikan arahan tentang hukum yang berkaitan dengan Perda, bahwasanya Perda dibuat berdasarkan landasan filosofis, landasan yuridis dan landasan politis.

" Bahwa Perda mengacu tindak pidana Ringan berdasarkan pasal 205 Ayat (1) KUHAP yang diperiksa menurut acara pemeriksaan Tindak pidana Ringan ancaman dengan pidana penjara atau kurungan paling lama 3 bulan kurungan dan atau denda Rp. 7500," ungkap Ono.

Dalam Perda Nomor 2 Tahun 2012 tentang penyesuaian Batasan Tipiring dan jumlah denda dalam KUHP dirubah batasan kerugiannya dari Rp 7500 menjadi dibawah Rp. 2.500.000.

Perda dibuat tidak melanggar perundang -undangan diatasnya, dihimbau kepada Uspika juga masyarakat, agar dapat menjalin kerja sama dengan baik,serta menekankan kepada seluruh masyarakat agar tidak menggunakan narkoba.

Bukan itu saja, Kapolsek mengajak kepada seluruh kalangan masyarakat agar bisa membantu dalam menjaga keamanan di wilayah hukum Polsek Bengkunat.

Sementara masih di acara yang sama Kasubag Dokumentasi Hukum Setda Pesibar, Adi Mahardika,  mengatakan maksud dan tujuan sosialisasi Perda yaitu supaya masyarakat mengerti, memahami, mematuhi, maksud dan tujuan dibuatnya Perda.

“Pada intinya Perda dibuat untuk mensejahterahkan masyarakat Pesibar,” singkat Adi.
(eva)