KAWASAN
Rakor Disdik Tanggamus (zim/pin)
13/9/2018 20:24:01
570

Disdik Gelar Rakor, Tingkatkan Kualitas Pendidikan di Tanggamus

Harianlampung.com - Dinas Pendidikan(Disdik) Kabupaten Tanggamus menggelar Rapat Koordinasi (Rakor)Tahun 2018, di Hotel 21 Gisting Kecamatan Gisting Tanggamus, kegiatan digelar selama dua hari dari sejak tanggal 13-14 September 2018.

Rakor yang mengusung tema "Melalui rapat koordinasi dinas pendidikan kita tingkatkan mutu pendidikan di kabupaten Tanggamus" yang dihadiri Pj Bupati Tanggamus Zainal Abidin, MT, Kepala Dinas Pendidikan Drs, A. Dasmi M.M, Kepala Dinas Kebudayaan Gandung Hartadi, Kabid Bidang Sarana Dan Prasarana (Sarpras) Indra Prisma, KUPT/SPLP  Ketua Himpaudi, MKKS SMP, K3S SD, Ketua PGRI Se-Kabupaten Tanggamus berlangsung tertib dan disambut baik.

Dalam Sambutannya Pj Bupati Tanggamus Zaenal Abidin menyampaikan bahwa, dalam upaya peningkatan mutu pendidikan, guru sebagai ujung tombak harus benar-benar memahani tugas pokok dan fungsi, guru dan harus menguasai kemanjuan teknologi saat ini, yang sebagian besar telah masuk diera zaman digital dan online dan adanya pengawas sekolah, Kepala Sekolah harus memberikan contoh yang baik kepada guru dan siswa, dari berpakaian, bertutur kata, bersikap dan berbuat hingga menanamkan akhlak yang luhur, kata dia.

" Mari Kegiatan rakor seperti ini sebagai ajang silahturahmi, beritikad baik untuk menciptakan hal yang baik di dunia pendidikan. Saya sangat harapkan kepada dinas pendidikan untuk meningkatkan standar pelayanan minimal dan bermutu pendidikan demi kemajuan dunia pendidikan di Kabupaten Tanggamus, imbuhnya.

Lanjutnya, dirinya menghimbau pula Kepada Dinas Pendidikan kedepan, untuk diperbanyak kegiatan peningkatan Profesionalisme guru, sehingga guru akan lebih meningkat pengetahuan dan kompetensi dirinya, kegiatan guru tersebut melalui Workshop lebih mengaktifkan kegiatan gugus-gugus di sekolah untuk guru kelas, kegiatan MGMP, untuk guru mata pelajaran, kegiatan kelompok kerja Kepala Sekolah ( K3S).

Dan juga untuk Kepala Sekolah Dasar (SD), Kegiatan Musyawarah kerja kepala sekolah (MKKS) untuk Kepala SMP yang di isi dengan kegiatan pendalaman materi, sehingga pengetahuan guru dan kepala sekolah terus akan meningkat sesuai dengan perkembangan Iptek (Ilmu pengetahuan dan teknologi), suatu sekolah dikatakan bermutu, apabila jenjang akreditasi sekolah tersebut sudah memperoleh nilai A.

Selain itu, kepada setiap para pengawas sekolah untuk bisa memberikan pendampingan kepada sekolah-sekolah, sehingga sekolah itu benar-benar berkualitas.

"Dan Forum seperti ini untuk bisa saling bersinergi antara semua pihak sekolah dengan Dinas Pendidikan dalam meningkatkan mutu, selalu berkoordinasi dengan kawan, bertukar pendapat. Dan APBD Tanggamus harus dimanfaatkan secara efektif, mudah-mudahan pertemuan ini membawa barokah, dan saya mengharapkan dalam rakor ini berjalan dengan lancar dan menghasilkan kualitas mutu pendidikan di Kabuapten Tanggamus," tandasnya.

Sementara, Penyampaian Ketua panitia, yang disampaikan  Kepala dinas Pendidikan Tanggamus, Drs. A. Dasmi M.M, mengatakan bahwa, dasar dari pelaksanaan rapat koordinasi (Rakor) ini digelar adalah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Tanggamus, lalu kegiatan ini bertujuan melaksanakan kegiatan ditahun 2018 dan serta  menyusun kegiatan atau pun program-program untuk tahun 2019 di Dinas Pendidikan Kabupaten Tanggamus.

" Rapat Kordinasi (Rakor) dengan dasar dari APBD Tanggamus, dan tujuan sendiri membahas untuk melaksanakan kegiatan program 2018 dan menyusun program untuk tahun 2019 mendatang," singkatnya.
(zim/her)