KAWASAN
Bupati Agus Istiqlal (eva/pin)
10/10/2018 11:33:50
750

DPRD Pesibar Gelar Rapat Paripurna Persetujuan Raperda Tahun 2018

Harianlampung.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pesisir Barat,  menggelar rapat Paripurna persetujuan Rencana Peraturan Daerah (Raperda)  Tahun 2018.

Rapat yang dilaksanakan di Gedung Wanita Kecamatan Pesisir Tengah, pada Kamis (10/10) sekitar Pukul 10.30 WIB dipimpin oleh Wakil Ketua II DPRD Pesibar,  AE. Wardhana Kesuma.

Persetujuan Ranperda Pesibar  Tahun 2018 tersebut,  digelar rapat dengan dihadiri oleh 18 anggota DPRD dari 19 anggota.  Yang sebelumnya DPRD Pesibar berjumlah 25 anggota dan 6 anggota lainnya tidak terdaftar lagi sebagai Anggota DPRD Pesibar dikarenakan ke-6 Aleg tersebut sudah pindah partai berdasarkan Surat Edaran Mendagri dan hal itu juga berdasarkan hasil konsultasin Pansus DPRD ke Dirjen Kemendagri.

Hadir dalam rapat paripurna tersebut Ketua DPRD Pesibar Piddinuri, Wakil ketua I,  M. Towil,  Bupati Pesibar,  Agus Istiqlal,  Wakil Bupati Pesibar Erlina,  kepala OPD,  dan unsur forkopimda Lambar – Pesibar.



Perwakilan badan pembentukan Perda DPRD Pesibar,  Mat Nawawi menyampaikan hasil musyawarah pembahasan enam usulan Ranperda bahwa melalui rangkaian kegiatan proses pembentukan 6 (enam) rancangan peraturan daerah.

Yang mana 4 (empat) rancangan peraturan daerah usul kepala daerah yaitu pertama Ranperda tentang retribusi izin usaha perikanan, kedua Ranperda tentang penambahan penyertaan modal pemerintah daerah pada PT. Bank Lampung, ketiga Ranperda tentang rencana pembangunan industri Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2018-2037.

"Keempat Ranperda tentang rencana pembangunan dan pengembangan perumahan dan kawasan permukiman tahun 2018-2037, serta 2 (dua) Ranperda inisiatif DPRD, yang pertama Ranperda tentang pelindungan bahasa daerah dan Ranperda tentang ketertiban wisata,"jelas Mat Nawawi.

Sementara dalam sambutan Bupati Pesibar,  Agus Istiqlal menyampaikan ucapan terimakasih atas telah dilaksanakannya persetujuan empat rancangan peraturan daerah usul kepala daerah serta 2 (dua) Ranperda inisiatif DPRD, yang pertama Ranperda tentang pelindungan bahasa daerah dan Ranperda tentang ketertiban wisata.

" Mulai dari tahap paripurna penyampaian nota pengantar, paripurna penyampaian pandangan umum fraksi-fraksi dan tanggapan pemerintah, paripurna penyampaian jawaban pemerintah terhadap pandangan umum fraksi-fraksi serta pembahasan," papar Agus.

Ucapan terima kasih kepada pimpinan dewan dan segenap anggota dewan pada hari ini kita mengadakan paripurna persetujuan Ranperda tahun 2018 menjadi peraturan daerah Kabupaten Pesisir Barat.

" Semoga rancangan peraturan daerah yang kita setujui ini dapat bermanfaat untuk kita semua, Amiin, " pungkas Agus.
(eva)