KAWASAN
Deklarasi damai jelang pilratin Pesibar (eva/pin)
10/10/2018 19:53:58
575

Polres Lambar Deklarasi Damai Jelang Pilratin Pesibar

Harianlampung.com - Polres Lampung Barat menyelenggarakan deklarasi damai menjelang pemilihan peratin (Pilratin) di  Kabupaten Pesisir Barat, Rabu (10/10). Deklarasi tersebut bertemakan Aman - Damai - Sejuk.

Bertempat di Aula Mapolres Lampung Barat Jl. Sudirman 01 Penataran Kecamatan Balik Bukit, deklarasi diikuti oleh 122 dari 147 Calon Peratin se-Kabupaten Pesisir Barat dari 42 pekon yang melaksanakan Pilpratin serentak.

Kegiatan tersebut dihadiri perwakilan Bupati Pesisir Barat yakni Kasat Pol PP AKBP. Syaikul Anwar, Dandim 0422 LB,  Letkol Kav Adri Nurcahyo,  Kapolres Lambar AKBP Tri Suhartanto,

Ketua PN Liwa diwakili Panitera Zohirudin, Perwakilan Kejaksaan Negeri Lampung Barat, Kabag Tapem Pesisir Barat Sukmawati.

Kapolres Lampung Barat, AKBP Tri Suhartanto,  mengatakan, deklarasi ini sebagai salah satu upaya untuk mengantisipasi dan mencegah konflik pada pesta demokrasi tingkat Pekon di Kabupaten Pesisir Barat.

Tidak seorangpun warga atau masyarakat kabupaten Pesisir Barat berharap atau ingin keributan kekacauan di wilayah kabupaten Pesisir Barat. Semua warga kabupaten Pesisir Barat Pil Peratin 2018 ini dapat berlangsung aman, jujur, dan adil serta sejuk.

" Jabatan Calon Peratin nantinya banyak tanggung jawab dan tantangannya. Para Calon Peratin bila sudah jadi harus berhati hati dalam menggunakan anggaran dana desa yang jumlahnya besar, jangan di selewengkan dan atau disalah gunakan," papar Tri.

Dalam Pemilihan Peratin 17 Oktober 2018 nantinya pedomani aturan yang berlaku dan gunakanlah cara cara yang bermartabat dan baik. Koordinasi yang baik dengan aparat yang terkait bila menemukan berbagai penyimpangan guna dapat diambil solusi yang bermanfaat dan terbaik.

" Bagi saudara saudara calon Peratin yang menang nantinya jangan meninggalkan yang kalah, ajak dan Rangkul libatkan dalam pembangunan Pekon. Calon Peratin terpilih yang membangun Pekon dan yang dinyatakan kalah mendukung pembangunan pekonnya, jelas Tri.

Sementara sambutan Bupati Pesisir Barat yang diwakili Kasat Pol PP AKBP. Syaikul Anwar bahwa dalam penyelenggaraan Pilperatin Serentak diharapkan seluruh pihak yang terlibat dapat saling bekerja sama yang baik dan selalu menjaga keamanan. Juga berpesan kepada Forkopimcam untuk selalu mengawal dan mengawasi panitia pelaksana Pilperatin agar dapat terwujudnya Pilperatin yang lancar, sukses dan tanpa masalah. Selain itu juga berpesan kepada Panitia untuk bersikap netral dan tidak memihak kepada salah satu calon Kades.



" Sebagai calon pemimpin, maka dari itu mulai dari sekarang harus memiliki pemikiran sebagai pemimpin, selamat berkompetisi mendapatkan kepercayaan masyarakat," papar Syaikul.

Dandim 0422 LB,  Letkol Kav Adri Nurcahyo, juga menyampaikan, TNI siap mendukung dalam pelaksanaan Pilperatin serentak di wilayah Kabupaten Pesisir Barat. Kodim 0422/Lampung Barat juga sudah mendata kerawanan-kerawanan  mana yang dapat menganggu dalam pelaksanaan Pilperatin nanti dan mengucapkan banyak terimakasih dapat terselenggara Deklarasi Pilperatin Aman Damai dan Sejuk untuk Pilperatin Serentak Tahun 2018 di wilayah Kabupaten Pesisir Barat.

Agar kita bersama-sama menyamakan visi dan persepsi agar dpt terwujud situasi aman, damai, dan sejuk. Agar catin yg menang dan kalah dpt menerima agar situasi kondusif. Agar pilpratin dpt berjln dgn sebaik-baiknya, kami TNI tetap menjaga netralitas dan jgn diragukan lg kami tdk akan berpihak. Apabila ada TNI yg menyimpang silakan laporkan sy dan akan sy tindaklanjuti. Mari kita bersama-sama saling menjaga karena jabatan adalah amanah.

Berikut ini isi deklarasi damai Pilperatin Serentak 2018 di Kabupaten Pesisir Barat :

1. Kami para calon Peratin Peserta Pemilihan Peratin Serentak Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2018 menjunjung tinggi menjaga keutuhan Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

2. Kami Para Calon Peratin Peserta Pil Peratin Serentak Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2018 Sepakat Bersama-sama akan mematuhi dan melaksanakan setiap Tahapan Pilkades secara Damai, Sopan, Bermatabat dan penuh tanggung jawab demi terselenggaranya Pilperatin serentak Kabupaten Pesisir Barat  tahun 2018 secara Demokratis yang lebih baik bagi masyarakat.

3. Kami para Calon Peratin akan mematuhi dan melaksanakan terhadap segala peraturan perundang-undangan yang berlaku serta mengedepankan etika dan moralitas selama Pelaksanaan Pil Peratin  serentak kabupaten Pesisir Barat tahun 2018 akan tunduk dan patuh terhadap hukum dan peraturan perundang undangan yang berlaku.

4. Kami Para Calon Peratin Peserta Pemilihan Peratin Serentak Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2018 menjunjung tinggi nilai persaudaraan serta mengutamakan musyawarah dan mufakat dalam menyelesaikan permasalahan.

5.Kami para calon peratin peserta pilperatin serentak kabupaten Pesisir Barat tahun 2018 sepakat untuk menciptakan situasi yang kondusif selama dalam pelaksanaan pilperatin tahun 2018.

6. Kami para calon Peratin peserta Pemilihan serentak kabupaten Pesisir Barat tahun 2018 untuk siap menang dan siap kalah dalam Pilperatin tahun 2018.

7. Kami para calon Pilperatin serentak kabupaten Pesisir Barat  peserta serentak tahun 2018 tidak akan melakukan pelanggran hukum baik pidana perdata maupun pelanggaran lalu lintas dalam kampanye ataupun tahapan Pilperatin.

8. Kami Para Calon Peratin Peserta Pemilihan Peratin Serentak Kabupaten Pesisir Barat 2018 menyampaikan isi kesepakatan bersama kepada seluruh pendukung dan team sukses untuk dipedomani dan dilaksanakan.

Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan Deklarasi Pilperatin damai dan Foto bersama serta Tanya jawab dengan moderator Waka polres dan Kasdim 0422/KB.
(eva)