KAWASAN
Pohon tumbang di Pekon Labuhan Mandi (eva/pin)
08/11/2018 20:14:35
624

Pohon Tumbang, Akses Lalulintas Liwa-Krui Sempat Terhenti

Harianlampung.com - Hujan deras yang yang terjadi pada kamis (8/11) sekitar pukul 06.00 Wib, mengakibatkan pohon berdiameter satu meter di Pal Delapan, Pekon Labuhan Mandi, Kecamatan Waykrui, tumbang dan menutup badan jalan yang menyebabkan arus lalulintas sempat terhenti.

Kepala BPBD Pesbar Syaifullah,  mengatakan bahwa jalan penghubung Liwa-Krui tersebut memang menjadi langganan terjadinya pohon tumbang, terutama saat memasuki musim penghujan.

“ Saat musim penghujan seperti ini pengendara yang kerap melintasi jalan penghubung Liwa-Krui agar lebih waspada dan berhati-hati, karena rentan terjadi longsor dan pohon tumbang seperti pagi ini,” kata dia.

Dijelaskannya, dalam mengevakuasi material pohon tumbang yang cukup besar itu, pihaknya melibatkan tim satuan laksana (Satlak) tanggfuh bencana yang memang bersiaga di Pekon Labuhan Mandi.

“ Petugas yang selalu melakukan evakuasi apabila terjadi pohon tumbang sudah kita siagakan, jadi apabila terjadi pohon tumbang dan mengganggu akses lalulintas maka mereka akan langsung turun kelapangan,” jelasnya.

Lanjutnya, besarnya material pohon tumbang, sempat menyulitkanm petugas dalam melakukan evakuasi, bahkan untuk kembali membuka badan jalan membutuhkan waktu hingga dua jam lebih.

“ Setelah mengerahkan seluruh tenaga dan dengan peralatan yang ada, pohon tumbang itu selesai dibersihkan pukul 08.00 Wib, dan arus lalulintas kembali normal, setelah terhenti cukup lama,” terangnya.

Menurutnya, selain menutup badan jalan, pohon tumbang juga menimpa jaringan listrik menuju Kabupaten Pesbar, sehingga sempat terjadi pemadaman listrik selama kurang lebih dua jama di Kabupaten setempat.

“ Listrik juga sempat terjadi pemadaman akibat pohon tumbang itu, tapi setelah selesai kita evakuasi petugas PLN langsung melakukan perbaikan jaringan listrik, sehingga listrik kembali normal,” ujarnya.

Pihaknya berharap, masyarakat bisa lebih waspada dan berhati-hati saat melintas di jalan tersebut, dan lokasi bencana lainnya, karena akhir tahun ini kerap terjadi bencana di wilayah Kabupaten Pesbar, mulaid ari banjir, longsor hingga pohon tumbang.

“ Bencana lainnya mulai melanda wilayah kabupaten pesbar, seperti jalan putus dimandiri, banjir, dan bencana lainnya, kita harap masyarakat sudah siap dan lebih waspada terhadap terjadinya bencana,” pungkasnya.
(eva)