KAWASAN
Kepala Diskominfo Pesibar, Tedi Zadmiko (eva/pin)
20/12/2018 15:02:12
839

Diskominfo Pesibar Akan Bangun Menara Jaringan Telekomunikasi di Wilayah Wayharu

Harianlampung.com - Secara bertahap keterbatasan di segala sisi yang ada di wilayah paling sulit dijangkau yakni wilayah Wayharu Kecamatan Bangkunat Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) mulai terbenahi.

Setelah sebelumnya Pemkab Pesibar intens membuka akses dari Pekon Sumberrejo-Wayharu. Kini ditargetkan 2019 mendatang suplai energi listrik PLN mulai masuk, hal itu terbukti belum ini rombongan Pemkab Pesibar bersama PT. PLN (Persero) Distribusi Lampung meninjau kesiapan lokasi jalur jaringan listrik menuju Wayharu.

Terbaru, di Tahun 2019 mendatang juga Pemkab Pesibar melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) akan membangun menara jaringan telekomunikasi.

Kepala Diskominfo, Tedi Zadmiko, ketika dikonfirmasi diruang kerjanya, Kamis (20/12) mengatakan bahwa, sebelumnya pihaknya mengajukan usulan ke Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melalui Badan Aksesibilitasi Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) untuk pembangunan menara telekomunikasi ke wilayah yang belum memiliki jaringan telekomunikasi salah satunya Wayharu.

"Pembangunan menara telekomunikasi itu akan direalisasikan tahun depan," ungkap sosok yang juga merupakan Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Pesibar itu.

Pelaksanaannya sendiri, kata Tedi, akan dilakukan setelah akses menuju Wayharu sudah bisa dilalui oleh kendaraan roda empat (R4) biasa atau kendaraan yang bukan double cabin.

"Karena tahun depan Pemkab Pesibar juga akan fokus melalukan perbaikan dan pembangunan jalan dan jembatan yang tinggal beberapa lagi. Artinya, setelah akses benar-benar terbuka untuk kendaraan biasa pelaksanaan pembangunan menara telekomunikasi itu akan segera dilakukan," pungkasnya.

Upaya-upaya tersebut, lanjut Tedi, tidak lain bertujuan untuk mensejajarkan masyarakat di empat pekon di Wayharu dari berbagai sektor dengan pekon-pekon lainnya yang ada di Pesibar yang sudah jauh lebih dulu maju ketimbang pekon-pekon di Wayharu. "Ini sudah menjadi komitmen penuh Bupati Pesibar agar Wayharu harus bisa segera sejajar dengan pekon-pekon lain di Pesibar," tandasnya.

Masih kata Tedi, selain Wayharu terdapat tiga titik lainnya yang juga akan dibangun menara telekomunikasi. Antara lain wilayah Kecamatan Pulaupisang, Pekon Labuhanmandi Kecamatan Waykrui, dan Pekon Tanjungsakti Kecamatan Lemong. "Ketiga itu juga akan dibangun menara telekomunikasi pada 2019 mendatang," imbuhnya.

"Kami berharap dengan dibangunnya menara telekomunikasi dimaksud, paling tidak keluhan masyarakat tentang sulitnya mendapat jaringan ponsel bisa diminimalisir secara bertahap," tutupnya.
(eva)