KAWASAN
Apel gelar pasukan Polres Tanggamus (zim/pin)
21/12/2018 14:39:39
779

Polres Tanggamus Gelar Apel Pasukan Kesiapan Natal Tahun Baru

Harianlampung.com - Kepolisian Resort (Polres) Tanggamus menggelar pasukan Operasi Lilin Krakatau 2018 di Lapangan Pemkab Tanggamus, Jumat (21/12) pagi.

Apel gelar pasukan dilaksanakan dalam rangka mengawali pelaksanaan Operasi Lilin Krakatau tahun 2018 dipimpin Kapolres Tanggamus AKBP I Made Rasma, SIK. M.Si.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Hj. Dewi Handjani, Wakil Bupati Hi. AM. Safii, Ketua DPRD Heri Agus Setiawan, Dandim 0424 Letkol Arh. Anang Hasto Utomo, Kajari David P. Duarsa, perwakilan Pengadilan Negeri, Perwakilan BPN, Lapas Kota Agung, Kasat Pol PP Yumin, BA, kemudian pejabat Utama (PJU) Polres Tanggamus dan Kapolsek jajaran. Serta perwakilan Bupati Pringsewu.

Operasi Lilin Krakatau 2018 merupakan operasi kepolisian terpusat yang dilaksanakan selama 10 hari sejak tanggal 23 Desember 2018 sampai dengan 1 Januari 2019, kecuali pada 13 Polda Prioritas I, yakni Sumut, Lampung, Banten, Metro Jaya, Jabar, Jateng, DIY, Jatim, Bali, Sulut, Maluku, NTT, dan Papua, dimana kegiatan operasi akan digelar selama 12 hari terhitung sejak 21 Desember 2018.

Dalam kaitan tersebut, Polres Tanggamus bersama segenap jajaran TNI Kodim 0424 Tanggamus, Pemkab Tanggamus dan Pemkab Pringsewu akan bersinergi dalam pelaksanaannya. Sebab soliditas dan sinergisitas yang baik di antara para pemangku kepentingan, menjadi salah satu kunci utama yang harus senantiasa dipelihara dan ditingkatkan.

Kapolres AKBP I Made Rasma mengecek pasukan guna memastikan kesiapan personil, kemudian menyematkan tanda pita operasi kepada perwakilan TNI, Polri, Sat Pol PP dan Dishub.

Kemudian dalam amanatnya Kapolres AKBP I Made Rasma mengatakan, bahwa situasi menjelang perayaan natal dan tahun baru momen masyarakat untuk berkumpul dengan keluarga. Ini memberikan dampak siginifikan dalam kehidupan bermasyarakat.

“Mobilitas lalu lintas dan bahan pokok meningkat. Harus diberikan pengamanan agar semua lancar,” kata AKBP I Made Rasma membacakan amanat Kapolri.

Selain itu, lanjutnya, Polri juga sudah menginventarisir potensi kejahatan yang terjadi selama Operasi Lilin 2018.

“Semua telah diinventarisir potensi baik terorisme, aksi sweeping, kecelakaan lalu lintas dan ketersediaan serta Stabilitas Pangan,” tegasnya.

Usai pelaksanaan gelar pasukan, Kapolres juga melanjutkan kegiatan memimpin Latihan Pra Operasi (Latrpa Ops) Lilin Krakatau 2018 di Aula Wirasatya, kesempatan itu Kapolres berpesan agar personil melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

Sebelumnya pada Rabu (19/11) dalam rangka menghadapi gelaran Natal 2018 dan tahun baru 2019. Polres Tanggamus bersama Pemkab Tanggamus dan Pringsewu serta stakholder terkait, menggelar rapat koordinasi di Aula Wirastya Mapolres.
(zim/her)