KAWASAN
Apel pelepasan relawan (zim/pin)
24/12/2018 18:37:09
797

Polres Tanggamus Berangkatkan Puluhan Relawan ke Lokasi Terdampak Tsunami

Harianlampung.com - Mewakili Kapolres Tanggamus AKBP I Made Rasma, SIK. M.Si. Kabag Ops Kompol Bunyamin, SH melepas puluhan relawan Polres Tanggamus yang akan membantu masyarakat terdampak tsunami dan gelombang tinggi di Pekon Kiluan Kecamatan Kelumbayan Tanggamus.

Pelepasan dilaksanakan melalui apel yang digelar di lapangan Mapolres Tanggamus, Selasa (24/12) sore.

Dalam kegiatan tersebut tampak hadir pejabat utama (PJU) Polres Tanggamus, perwakilan relawan Polres, sebab sejumlah relawan lain terlebih dahulu telah berangkat ke lokasi sejak kejadian tersebut terjadi.

Kabag Ops Kompol Bunyamin mengatakan, bahwa Polres Tanggamus melepas keberangkatan 50 orang relawan ke wilayah Pekon Kiluan Kecamatan Kelumbayan yang terdampak musibah gelombang tinggi ataupun tsunami.

"Anggota nantinya akan membantu kemanusian terhadap warga terdampak musibah juga akan melaksanakan pemberian santunan ataupun kesehatan," kata Kompol Bunyamin dalam keterangannya usai pelepasan.

Kompol Bunyamin menambahkan, relawan dijadwalkan selama 7 hari akan membantu warga di Pekon setempat.

"Dijadwalkan selama 7 hari, sejak hari ini hingga 7 hari kedepan atau tanggal 30 Desember 2018," pungkasnya.

Untuk diketahui, sebelumnya Sabtu (22/12) malam, gelombang tsunami menerjang Dusun Sinar Maju, Sinar Agung dan Bandung Jaya Pekon Kiluan Kecamatan Kelumbayan.

Akibatnya, balita bernama Neni Murniati binti Musahid, umur 4 tahun hanyut terbawa gelombang dan meninggal dunia ketika terlepas dari gendongan ibunya saat hendak menyelamatkan diri.

Korban berhasil ditemukan oleh Saiman (48), Radiktia (24) dan Matrori (40)

sekitar pukul 23.00 Wib telah terdampar di penginapan Abraham sekitar 500 meter dari rumahnya dan telah dimakamkan pada Minggu (24/12) pukul 07.00 Wib.

Selain itu juga terdapat kerusakan yang terjadi berupa, 1 rumah hilang tersapu ombak, sementara 3 rumah, 4 penginapan, 1 shelter, 1 dermaga dan 72 perahu nelayan rusak berat.

Berdasarkan pendataan Tim, diketahui dari jumlah 386 Kepala Keluarga(KK) di Pekon Kiluan terdapat 1.600 jiwa. Jumlah KK yang mengungsi sebanyak 171 KK yang mengungsi, terdiri dari 60 KK dari Dusun Sinar Agung, 34 KK dari Dusun Sinar Maju dan 77 KK dari Dusun Bandung Jaya.
(zim)