KAWASAN
Bupati Agus Istiqlal saat cek gedung DPRD.(eva/pin)
31/1/2019 11:20:49
649

Bupati Agus Istiqlal Gelar Rakor Bersama 16 Saibatin Marga di Pesibar

Harianlampung.com - Bupati Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) Agus Istiqlal menggelar rapat koordinasi bersama 16 Sai Batin Marga se-Pesisir Barat (Pesibar) diruang kerja Bupati setempat, beberapa waktu lalu.

Rapat koordinasi yang langsung dilanjutkan dengan peninjauan gedung DPRD tersebut dalam rangka mendengarkan pendapat dan masukan dari 16 Sai Batin Marga terkait pembangunan lanjutan gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pesibar, pada item pemasangan motif relief dan meubeller, serta tulisan-tulisan yang memberikan simbol kearifan lokal masyarakat dan wilayah di Kabupaten Pesibar.



"Bupati meminta masukan dari 16 Sai Batin Marga di Pesibar terhadap rencana pembangunan lanjutan gedung DPRD pada pemasangan relief dan meubeller mendatang," ujar Kepala Bagian (Kabag)Humas Sekretariat Pemkab Pesibar, Ariswandi.

Ariswandi menjelaskan bahwa, pada pemasangan relief, meubeller, dan tulisan yang memberikan dampak kearifan lokal seperti kekayaan alam yang hanya ada di Pesibar yakni pohon dan getah damar mata kucing sekaligus cara masyarakat dalam mengambil getah damar, aktifitas sehari-hari nelayan di Pesibar, dan adat istiadat di Pesibar yang masih sangat kental, ini yang dibahas, kata dia.

"Masukan tersebut nantinya menjadi acuan bagi pihak pelaksana dalam melaksanakan item tersebut, sehingga tepat sasaran, papar Ariswandi.

Karenanya, kata Ariswandi, Pemkab Pesibar berharap agar pihak konsultan dan pelaksana bisa mengerjakan item dimaksud sesuai dengan masukan yang disampaikan oleh 16 Sai Batin Marga sebelumnya.

"Dalam hal ini 16 Sai Batin Marga dilibatkan karena pihak Sai Batin Marga cukup memahami kearifan lokal Pesibar, dan memang perlu meminta pendapat dari pihak Sai Batin Marga," pungkasnya.
(eva/her)