KAWASAN
Bupati Pesibar Agus Istiqlal dalam penyerahan SK.(eva/pin)
13/3/2019 14:28:16
621

Bupati Agus Istiqlal Lantik Pj.Sekdakab Pesibar N Lingga Kusuma

Harianlampung.com - Bupati Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), Agus Istiqlal, melantik N. Lingga Kusuma, sebagai Pj. Sekkab Pesibar, di Gedung Dharma Wanita, Senin (11/3).

Pelantikan Pj. Sekkab tersebut berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Pesibar, Nomor: B/310/KPTS/V.04/HK-PSB/2019, menggantikan Sekkab sebelumnya, Azhari, yang memasuki masa pensiun pada 1 Maret 2019 lalu.

Bupati Pesibar, Agus Istiqlal, mengawali sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada mantan Sekkab Pesibar, Azhari, yang telah memberikan Dharma Bakti kepada Pemkab Pesibar selama mengemban jabatan sebagai Sekkab Pesibar dalam dua tahun terakhir.

"Semoga semua upaya yang maksimal dari Sekkab sebelumnya yang saat ini sudah pensiun, menjadi amal ibadahnya kelak," ucap Bupati.



Menurut Bupati,yang perlu diketahui jabatan Sekkab memiliki peranan yang cukup penting, dalam membantu kepala daerah dalam menyusun kebijakan, serta membina hubungan kerja bersama dinas, lembaga teknis dan unit pelaksana lainnya.

"Jabatan sekkab merupakan motor penggerak organisasi Pemkab. Citra  Pemkab Pesibar akan sangat banyak ditentukan oleh Sekkab dalam melaksanakan tugasnya," tegas orang nomor satu di Pesibar itu.

Kata Bupati, dihadapan Pj. Sekkab Pesibar itu, Agus meminta agar Sekkab mampu menghayati peran dan fungsinya tersebut, sehingga dalam pelaksanaan tugas dapat memberikan kontribusi yang besar untuk lebih mendinamisasikan organisasi Pemkab Pesibar.

Selain itu, Pj. Sekkab juga dituntut mampu mengemban seluruh aktivitas maupun tugas-tugas administratif.

"Pj. Sekkab juga harus terus meningkatkan kemampuan dalam menyikapi teritorial dan penyelenggaraan otonomi daerah, serta mampu berkoordinasi dan berkomunikasi secara produktif, kepada seluruh institusi, baik internal maupun eksternal," kata dia.

Meski begitu, Agus juga mengingatkan bahwa tantangan tugas-tugas Pemkab Pesibar kedepan semakin berat, utamanya ihwal tuntutan dan harapan masyarakat.

Lebih jauh Agus menjelaskan penetapan suatu jabatan pada hakekatnya merupakan wujud kepercayaan dan pengakuan terhadap kredibilitas seseorang untuk menduduki jabatan tersebut.

"Kepercayaan dan pengakuan itu adalah merupakan suatu kehormatan yang mengandung kewajiban, tugas dan tanggungjawab. Oleh karenanya, kewajiban harus ditunaikan, tanggungjawab harus dipikul dan tugas harus dilaksanakan," pintanya.

Bupati juga mengimbau agar semua pihak mampu menjalin koordinasi yang lebih produktif.

"Kita harus saling berkomunikasi tanpa jarak. Jangan kita berfikir sendiri, bertanya sendiri, menjawab sendiri, bertindak sendiri, yang akhirnya salah sendiri.

Hal ini perlu saya tekankan, guna mendukung upaya kita dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik," imbuhnya.

Agus Istiqll menambahkan, semua tindakan dan kebijakan harus tertib administrasi sesuai dengan hukum yang berlaku, sehingga semua tindakan dan kegiatan dapat dipertanggungjawabkan.

"Sebagai pimpinan, Sekkab harus selalu mengingatkan tanggungjawab masing-masing pelaksana dalam penyelenggaraan tertib administrasi. Dengan begitu, setiap kesalahan dapat ditelusuri hingga ke sumbernya, untuk memudahkan evaluasi dan perbaikan, serta menuntut tanggung jawab orang-orang yang terlibat langsung didalamnya," pungkasnya.

Jabatan Sekkab penting untuk memperhatikan disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS), lakukan upaya untuk menyeimbangkan antara peningkatan kesejahteraan dengan hukuman dan dayagunakan semua potensi PNS yang kita miliki dengan prinsip birokrasi yang cepat, tepat, akurat namun taat azas.

Selain itu, kembangkan sistem penyusunan anggaran yang berbasis kinerja dengan menggunakan pola dari bawah ke atas dan beri kesempatan kepada para kepala OPD untuk menyampaikan argumentasi atas semua usulan program secara konfrehensif.

"Terakhir, bangun hubungan kerja yang baik dengan mitra kerja seperti DPRD dan forkopimda dalam rangka mengembangkan kebijakan daerah dan kelancaran dalam menghadapi hambatan tugas pembangunan dan pemerintahan," tandasnya.(
(eva/her)