KAWASAN
Sosialisasi Keprotokolan Pemkab Pesibar.(eva/pin)
11/4/2019 21:05:28
573

Tingkatkan Integritas dan Profesionalitas Pemkab Pesibar Gelar Sosialisasi Keprotokolan

Harianlampung.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Barat (Pesibar), melalui Bagian Protokoler Pemkab setempat, menggelar kegiatan sosialisasi Keprotokolan yang mengsung tema "Kita Tingkat Integritas dan Profesionalitas di Lingkungan Pemkab Pesibar Tahun 2019, Selasa (9/4), di Lamban Apung Pantai Labuhanjukung Kecamatan Pesisir Tengah.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Pesibar, Agus Istiqlal, yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati, Agustina Pertanto, Kepala Bagian (Kabag) Protokol Pemkab Pesibar Suryadi.

Selain itu, sosialisasi dihadiri Narasumber, Kasubbag Acara, Biro Humas dan Protokol Provinsi Lampung, Indra Sanjaya, dan peserta sosialisasi dari masing-masing OPD dan Kecamatan yang berjumlah 102 peserta.

Dalam laporannya Kabag Protokol Pemkab Pesibar, Suryadi, menyampaikan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan yang berkaitan dengan aturan dalam acara Kenegaraan, Pemerintahan, atau acara resmi di Pemkab Pesibar.



"Tujuan lainnya yakni untuk meningkatkan keterampilan dan sikap dalam melaksanakan tugas secara profesional tentang keprotokolan," kata Suryadi.

Dengan demikian diharapkan, peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan maksimal. Sehingga kedepan tidak ada lagi kesalahan-kesalahan yang terjadi dalam hal pelaksanaan acara resmi di Pemkab Pesibar," harapnya.

Sementara itu, Bupati Pesibar yang disampaikan oleh Staf Ahli Bupati, Agustina Pertanto, mengatakan bahwa keprotokolan merupakan serangkaian aturan dalam acara kenegaraan atau acara resmi yang meliputi aturan mengenai tata tempat, tata upacara dan tata penghormatan kepada seseorang sesuai dengan jabatan atau kedudukannya dalam negara, pemerintahan atau masyarakat.

"Sosialisasi ini merupakan upaya penyesuaian terhadap dinamika yang tumbuh dan berkembang dalam sistem ketatanegaraan, budaya, dan tradisi bangsa, serta dalam rangka pelaksanaan reformasi birokrasi untuk mewujudkan tata pemerintahaan yang baik (good governance)," ujarnya.

Diterangkannya, pelaksanaan sosialisasi itu bermaksud untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Pesibar, dalam melaksanakan kegiatan keprotokolan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Harapannya, narasumber tidak segan-segan membeberkan materi secara gamblang. Selain itu, diharapkan juga peserta mengikuti rangkaian sosialisasi tersebut dengan baik dan mampu memahami konsep dan kebijakan manajemen keprotokolan, metode dan tata cara penerimaan tamu, public relations dan komunikasi dalam keprotokolan, tata tempat, tata upacara dan tata penghormatan. Serta mampu memahami teknik dan peragaan pembawa acara agar nantinya dapat mendukung untuk kelancaran tugas keprotokolan Pesibar," pungkasnya.
(eva/her)