KAWASAN
Bupati dalam pertemuan di Jakarta.(eva/pin)
11/5/2019 14:54:25
573

Pemkab Pesibar Lakukan Terobosan Pembangunan dan Bidang Transportasi

Harianlampung.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Barat (Pesibar), terus melakukan berbagai upaya terobosan guna percepatan pembangunan diberbagai sektor sektor pembangunan dalam menggenjot pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitarnya. Salah satunya di bidang transportasi perhubungan.

Berdasarkan letak yang strategis, Kabupaten Pesibar yang berbatasan langsung dengan Provinsi Bengkulu sekaligus sebagai Kabupaten paling ujung di Provinsi Lampung, membuat jarak tempuh dari ibukota Provinsi maupun kota-kota besar lainnya menuju Kabupaten itu terbilang cukup jauh dan memakan waktu yang lama hingga mencapai 6-7 jam perjalanan.

Kondisi tersebut tak pelak memaksa dalam upaya percepatan pembangunan yang dilaksanakan pemkab setempat meski terkadang banyak faktor terhambatnya pembangunan.



Menyikapi ihwal dimaksud, Kamis (9/5), di Jakarta, Pemkab Pesibar melaksanakan pertemuan dengan salah satu maskapai penerbangan dari PT. Lion Group yakni Wings Air, untuk dapat beroperasi melayani rute penerbangan dari dan ke Bandara M. Taufik Kiemas,  Pekon Serai Kecamatan Pesisir Tengah, Pesibar.

Dalam rilis resmi Pemkab Pesibar, yang disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pesibar, Tedi Zatmiko, memaparkan bahwa hasil dari pertemuan antara Pemkab Pesibar yang dipimpin langsung oleh Bupati, Agus Istiqlal, beserta rombongan yang terdiri dari Kepala Dinas Perhubungan (Dishub), Henry Dunan, Kepala Bandara M. Taufik Kiemas, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Zukri Amin, Kepala Diskominfo, Tedi Zatmiko, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), Jalaludin.

Selain itu, turut hadir  dalam rombongan Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Jon Edwar, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Hapzi, Kabag Humas, Ariswandi, dan Kabag Protokol, Suryadi.

Sementara pihak Manajemen Wings Air, diwakili oleh Presiden Direktur, Achmad Hasan, didampingi Direktur Operasional, Capt. Redy Irawan menyambut baik pertemuan bersama jajaran Pemkab Pesibar.

Menurut Tedi, hasil dari pertemuan tersebut disepakati akan dilakukan landing perdana oleh pesawat Wings Air dengan tipe pesawat ATR-72-500/600 untuk percobaan run way sesuai dengan surat station Manager Wings Air Nomor: LKI-052/KK-EX/V/2019 Tanggal 10 Mei 2019 perihal permohonan slot time proving flight Wings Air TKG-KXI-TKG.

"Bupati berharap agar Wings air sebelum Idul Fitri 1440/H akan melayani penerbangan reguler komersial rute Radin Inten II-Krui PP, dan pihak Wings Air telah menyatakan akan berupaya seoptimal mungkin untuk mewujudkan apa yang menjadi keinginan Bupati dan masyarakat Pesibar," ucap Tedi menyampaikan harapan Bupati dan penjelasan manajemen Wings Air di Jakarta.

"Proving flight direncanakan akan dilaksanakan, Selasa (14/5) mendatang. Sedangkan penerbangan perdana akan dilaksanakan 29 Mei mendatang," sambungnya.

Tedi menandaskan bahwa Bupati juga mengemukakan setelah rute dari dan ke Bandara M. Taufik Kiemas terlaksana, dan untuk mengoptimalkan aktifitas penerbangan tentu akan terus dilakukan perbaikan sarana Infrastruktur.

"Bupati akan mengeluarkan surat imbauan terhadap seluruh ASN Pesibar agar melaksanakan perjalanan dinas ke luar Provinsi Lampung menggunakan fasilitas transportasi udara dari Bandara M. Taufik Kiemas, menuju Bandara Internasional Radin Inten II yang terkoneksi ke penerbangan lainnya,"pungkasnya.
(eva/her)