KAWASAN
Bupati Agus Istiqla dilokasi panen.(eva,/pin)
31/10/2019 18:29:37
562

Bupati Agus Istiqlal Hadiri Panen Padi Perdana di Waynukak Karyapenggawa

Harianlampung.com - Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal menghadiri panen padi perdana dengan tingkat produksi gabah kering panen mencapai 14 ton per hektare, di areal persawahan, Pekon Waynukak Kecamatan Karyapenggawa, Pesibar, Kamis (31/10).

Panen perdana tersebut merupakan hasil uji coba dengan menggunakan pupuk organik cair oleh pakar pangan Prof.dr.Resi Bohang melalui Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HPMI) Kabupaten Pesisir Barat.

Bupati Pesibar Agus Istiqlal dalam sambutannya,

mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada pakar pangan yaitu Bapak Prof. dr. Resi Bohang yang telah memperkarsai uji coba penggunaan pupuk organik cair bio altaf, sehingga meningkatkan jumlah produksi panen gabah kering yang mencapai 14 ton per-hektar.



Selanjutnya, perlu saya sampaikan bahwa dengan peningkatan jumlah produksi panen gabah kering tersebut merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan pembangunan di bidang pertanian dan tanaman pangan sehingga akan memiliki peranan yang sangat penting dalam rangka mewujudkan stabilitas produksi pangan nasional.

"Untuk itu perlu dilakukan berbagai upaya yang berkelanjutan dan berkesinambungan  dalam pelaksanaan pembangunan dibidang pertanian, seperti penggunaan pupuk cair bio altaf," kata Agus Istiqlal.

Sementara ketersedian areal sebagai lahan pertanian yang semakin berkurang sebagai akibat terjadinya alih fungsi lahan pertanian menjadi lahan pemukiman.

Sebagai upaya dalam menghadapi tantangan ketahanan pangan tersebut, maka sangat diperlukan untuk kesamaan persepsi, keterpaduan teknologi dan sinkronisasi dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan yang berkelanjutan.

Pada kesempatan ini perlu juga saya jelaskan bahwa sektor pertanian memiliki peranan yang sangat penting dan strategis dalam pembangunan daerah dan nasional.

Peranan sektor pertanian bukan saja memberikan andil terhadap ketahanan pangan tetapi juga memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap  perkembangan perekonomian secara menyeluruh, baik menyangkut pendapatan petani itu sendiri, pendapatan daerah, maupun penyerapan tenaga kerja.

Oleh karena itu, pembangunan bidang pertanian merupakan salah satu prioritas utama yang dilaksanakan di Kabupaten Pesisir Barat dalam upaya peningkatan produksi padi melalui penerapan teknologi dengan menggunakan pupuk organik bio altaf.

Dengan demikian kegiatan uji coba ini dapat menjadi motivasi bagi para petani untuk meningkatkan hasil produksi panen gabah.

Selanjutnya, perlu saya jelaskan bahwa pupuk organik cair bio altaf ini adalah pupuk yang ramah lingkungan, untuk meningkatkan produktifitas hasil panen yang unggul, dianjurkan mampu menerapkan cara bercocok taman sesuai arahan petugas Penyuluh Petani Lapangan (PPL) agar terus meningkatkan pembinaan bimbingan kepada para petani di Kabupaten Pesisir Barat.(
(eva/her)