KAWASAN
Kadis Pertanian M Aziz.(eva/pin)
05/11/2019 07:30:45
589

Pemkab Pesibar Luncurkan Program Hewan Ternak Bersertifikat

Harianlampung.com - Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat melalui Dinas Pertanian setempat, meluncurkan program hewan ternak unggulan yang memiliki sertifikat atau legal.

Program ternak unggulan tersebut akan diberi nama Sapi Krui. Dimana kedepan Sapi Krui diharapkan akan menjadi sumber bibit khususnya hewan ternak jenis sapi untuk penambahan populasi dan konsumsi.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pertanian Pesisir Barat M.Aziz, di ruang kerjanya, Senin (4/11), bahwa program ternak Sapi Krui saat ini sedang dilakukan penelitian di laboratorium universitas Lampung  (Unila) di Bandar Lampung. Sebab untuk peluncuran nama Sapi Krui harus menempuh berbagai persyaratan.

Diantaranya, kajian ilmiah, asal usul hewan, dan terdaftar di Kementerian Pertanian RI. Saat ini untuk mematenkan nama Sapi Krui pihaknya tengah melakukan pengecekan dibeberapa kecamatan yang ada di Pesisir Barat.

“Agar Sapi Krui menjadi ternak unggulan, tentunya dibutuhkan berbagai persyaratan mulai dari ginetiknya, asal usul dan sebaran. Sejauh ini sudah 20 ekor sapi yang diambil sebagai sempelnya," ujar Azis.

Kedepannya, lanjut Azis setelah Sapi Krui dipatenkan, tentunya banyak terobosan yang akan kembali dilakukan mulai dari pengadaan atau bantuan kandang sapi, penyuluhan khusus ternak sapi, pelayanan perawatan sapi secara gratis dan berkala.

" Mudah-mudahan dalam tahun ini sertifikat Sapi Krui bisa diperoleh, dan Pesisir Barat sudah memiliki komunitas unggulan berupa sapi. Namun sebatas ini  kami masih tahap menunggu hasil dari penelitian tim dari Unila yang sudah melakukan pengecekan dan sempel apakah layak atau tidak Pesisir Barat memiliki Sapi Krui," tandas Azis.
(eva/her)