BANDARLAMPUNG
Pelantikan pengurus LPM Bandarlampung. (iqb/pin)
19/12/2017 16:20:30
337

Pengurus Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Dilantik

Harianlampung.com - Sekertaris Daerah Kota Bandarlampung, Badri Tamam berharap Lembaga  Pemberdayaan Masyarakat (LPM)  terus memberikan pelayanan dan pemberdayaan kepada masyarakat.

Badri mengatakan tujuan umum dibentuknya lembaga ini guna meningkatkan prakarsa dan swadaya masyarakat menjalankan program pembangunan secara partisipatif.

Hal tersebut disampaikan Badri ketika, melantik Sumarna,  sebagai ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) berikut jajaran pengurus LPM Kota Bandarlampung, Selasa (19/12)

Badri mengatakan LPM berfungsi untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengendalikan pembangunan di daerah, khususnya di pedesaan. Dalam hal ini, LPM harus menjadi mitra pemerintah mulai dari tingkat bawah untuk melak-sanakan pembangunan.

"LPM mengusung prinsip bottom up (masukan dan kebutuhan dari masyarakat) unjuk menetapkan program dan kegiatan pembangunan," katanya.

Dia menambahkan, kegiatan LPM memang diutamakan di daerah pedesaan, namun pembangunan masyarakat urban di perkotaan juga penting.

“Kawasan urban di sekitar Bandarlampung juga perlu mendapat perhatian. Pemberdaayaan masyarakat akan meningkatkan kesejahteraan mereka, sekaligus meringankan beban Pemda,” katanya

Badri juga mengatakan mengatakan bahwa LPM harus lebih eksis. Terutama dalam memainkan peran lewat tugas dan fungsinya, yakni memberdayakan masyarakat dalam kegiatan pembangunan.

Kawasan yang akan dijadikan sebagai subjek pembangunan diharapkan akan mampu mandiri dalam memajukan daerahnya. Adapun anggota LPM itu sendiri diambil dari tokoh-tokoh masyarakat dan kepemudaan yang berada di tingkat kecamatan dan kelurahan sekitar

Sementara ketua DPD LPM Bandarlampung, Sumarna mengatakan pihaknya siap berperan sebagai mitra pemerintah dan membantu pemkot dalam pembangunan. Memasuki tahun politik, ormas yang dipimpinnya juga memastikan tidak akan memberikan dukungan kepada salah satu pasangan calon.

LPM, kata Sumarna akan mencoba bersikap netral, meskipun tidak dipungkiri, banyak pengurusnya orang yang merupakan orang politik. “Ke depan, kami akan foku memberdayakan masyarakar. Dalam waktu dekat, LPM akan membentuk koperasi serba usaha, sebagai solusi permodalan kepada UMKM,” katanya.
(iqb)