BANDARLAMPUNG
Pembukaan UKW PWI Lampung. (rls/pin)
20/12/2017 11:34:31
275

PWI Lampung Laksanakan UKW XVII

Harianlampung.com - Wakil Ketua Bidang Daerah Atal S Depari membuka Uji Kompetensi Wartawan ke XVII PWI Lampung. Peserta berjumlah 37 orang yang terdiri dari 32 orang wartawan muda dan 5 wartawan utama.

Atal, juga mengapresiasi upaya PWI Lampung untuk terus mendorong kompetensi wartawan. Menurutnya, gelaran UKW yang sudah mencapai ke 17 kalinya, merupakan sesuatu yang membanggakan.

PWI Lampung, termasuk yang paling aktif menyelenggarakan UKW, jika dibandingkan dengan daerah lain.

"PWI Pusat bangga dengan ini," kata Atal, ketika membuka kegiatan tersebut,  Rabu (20/12)

Menurut Atal,  dirinya sebagai penasehat SMSI,  juga melakukan pengawasan terhadap perkembangan online di Indonesia.  "Prihatin jika mengaku wartawan tapi tak mampu menulis. Maka wartawan harus mampu menulis dengan bahasa jurnalistik," katanya.

Sementara Ketua PWI Lampung Supriyadi Alfian,  mengatakan UKW adalah bagian dari upaya untuk meningkatkan profesional,  kualitas dan kompentensi wartawan.

Nantinya para peserta akan didampingi oleh penguji dari jajaran ketua PWI,  yaitu Ketua PWI Bali, PWI Banten,  PWI Sumsel.

"Meski tanpa dihadiri pejabat Pemrov,  tapi ini adalah istinewa,  karena para penguji para ketua PWI, " kata Supriyadi.

Menurut Supriyadi,  saat ini tercatat 600 wartawan di PWI Lampung yang sudah mengikuti UKW,  sebagian mengikuti peningkatan UKW ini. "Jadi ada 583, dengan jumlah ada 48 orang utama,  sekitar 459 muda, sisanya madya," katanya.

Kondisi saat ini,  kata Supriyadi,  berkembang pesat media online,  dan masih banyak media yang belum berkualitas secara baik.

"Banyak media online yang belum berimbang,  dan sembarangan menulis berita," jelasnya.
(rls/jun/iqb)