BANDARLAMPUNG
Ilustrasi (pin/ist)
20/12/2017 11:54:25
438

Bulog Salurkan 700 Ton Beras

Harianlampung.com - Menipisnya stok beras medium di pasaran di respon cepat oleh Perum Bulog Lampung dengan menyalurkan  cadangan beras pemerintah (OP-CBP) sebanyak 200 ton ke pasar-pasar tradisional .

Attar Rizal Kepala Divisi Regional Bulog Lampung, Rabu (20/12) mengatakan sudah sebulan terakhir, pihaknya menggelar operasi pasar.

Operasi Pasar, kata Attar sudah berlangsung sejak diterbitkannya surat perintah dari Gubernur Lampung No. 500/221/04/2017 tanggal 21 November 2017.

Gubernur memerintahkan kepada Perum BULOG Lampung untuk menggelontor beras kualitas medium di pasaran untuk mencukupi permintaan beras medium.

Kelangkaan beras terjadi akibat belum masuknya musim panen dan tren harga gabah yang memang selalu melambung  tinggi di akhir tahun.

Pantauan di pasar saat ini harga gabah kualitas GKP sudah mendekati harga 5.400/kg di tingkat petani. Sementara saat ini harga beras jenis medium di pasaran dikisaran Rp. 9.500-10.500/kg, harga tersebut sudah lebih tinggi dibandingkan HET yg ditetapkan menteri Perdagangan dlm permendag 57 th 2017.

Harga beras kualitas medium yg di jual di OP-CBP seharga Rp. 8.000/kg, hal ini tentu jauh lebih rendah dibandingkan harga beras medium di pasaran.

"OP-CBP ini untuk memberi pilihan harga dan kenyamanan bagi konsumen` kata Attar.

Bulog juga menghimbau konsumen tidak perlu panik, beras kualitas medium di pasar selalu tersedia karena mitra penyalur Bulog sudah tersebar di seluruh pasar tradisional.

Operasi sebelumnya, sudah digelar di Pasar Tugu, Pasar Pasir Gintung, Pasar Bambu kuning, Pasar Kangkung, Pasar Panjang, Pasar Way Kandis, Pasar Sukarame dan Pasar Tamin.

"Sudah lebih dari 700 ton, kami gelontorkan beras medium ke pasar. Alhamdulillah harga lebih stabil dan pilihan atas beras medium selalu ada di pasar" kata Attar.
(iqb)