BANDARLAMPUNG
Ilustrasi (pin)
21/12/2017 11:50:05
562

KNPI Lampung Gagal Regenerisasi

Harianlampung.com - Regenerasi Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Lampung terhambat, karena Musyawarah Daerah (Musda)  ke XVI tidak menghasilkan ketua baru.

"Hasil musda kemarin tidak menghasilkan ketua baru karena berakhir dedlok, seharusnya sudah bisa terpilik ketua baru," kata Ketua KNPI DPD Kota Metro, Affandi Atmanegara Amir di Bandarlampung, Rabu.

Dia mengatakan, bahwa mekanisme sidang seharusnya jika ingin deadlok ditawarkan kepada peserta, tapi ini tidak sama sekali.

Ia melanjutkan, pemberitahuan kepada peserta sidang yang berjumlah 73 OKP sudah menjadi keharusan, tapi ini dihentikan dengan alasan yang menghambat regenerasi.

"Ini jelas sudah menghambat regenerasi, karena alasan dihentikannya sidang karena izin gedung hanya dua hari," kata dia.

Ia mengharapkan, ada etikat baik dari Ketua Umum KNPI Provinsi Lampung Teguh Wibowo untuk memberikan penjelasan dalam kelanjutan Musda ke XVI. "Seharusnya sudah memiliki ketua baru, tapi jika seperti ini tidak ada kejelasan," katanya.

Hal senada disampaikan, Ketua Umum DPD KNPI Tulangbawang Reka Punata menyatakan seharusnya ketua yang lama bisa mencipatakan ketua baru sebegai bentuk regenerasi.

"Ketua yang lama seharusnya bisa membentuk regenerasi baru, sehingga organisasi tetap berjalan," kata dia.

Ia mengatakan, jika seperti ini artinya organisasi tidak sehat dan harus segera dipercepat untuk pemilihan ketua yang baru.

Ia melanjutkan, mekanisme sidang kemarin pun dianggap salah sebab tidak ada penawaran kepada peserta sidang dalam mengambil keputusan pemberhentian sidang.

Perwakilan OKP Parmusi Radwan Al Syaleh mengatakan mengatakan generasi muda merupakan garda terdepan dalam menciptakan sebuah peradaban, KNPI hadir sebagai alternatif wadah untuk berhimpun bagi OKP dalam menciptakan peradaban yang madani. D

"Pelaksanaan Musda ke XVI DPD KNPI Provinsi Lampung menurut hemat saya telah mengalami kecacatan formil maupun Materiil dalam hal landasan hukum pelaksanaan maupun prosesi keberjalanan secara administratif," katanya.

Hasil Keputusan Sidang MUSDA DPD KNPI Provinsi Lampung pada tanggal 19 Desember 2017 pukul 21.00 WIB menghasilkan keputusan bahwa sidang ditunda sampai dengan waktu yg tidak ditentukan terlihat bahwa ada konflik kepentingan yg terjadi sedangkan ditundanya sidang tersebut tidak memiliki dasar pertimbangan yang jelas  dimana tidak terjadi kegentingan memaksa sehingga mengharuskan pelaksanaan sidang ditunda.

"Artinya Ketua DPD KNPI Provinsi Lampung saat ini gagal dalam menciptakan sebuah konsensus atau esepakatan dari dialektika kepemudaan dalam membangun dan membina Pemuda Lampung ke depan," kata dia
(iqb)