BANDARLAMPUNG
Ilustrasi (pin/dok)
29/1/2018 12:24:54
709

Disdukcapil Bagikan E-KTP Ke Siswa SMA

Harianlampung.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) membagikan sebanyak 177 Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El) kepada siswa SMA 4, Senin (29/1)

Kadisdukcapil Bandarlampung A.Zainudin mengatakan pembagian E-KTP ini merupakan hasil perekaman pada Oktober 2017 silam. Sebelumnya, Disdukcapil Bandarlampung telah melakukan perekaman di 112 sekolah SMA dan SMK se-Bandarlampung.

Disdukcapil, katanya menyasar para siswa yang telah berusia 17 tahun ke atas. Menurut hal tersebu merupakan bentuk pelayanan dengan memberi kemudahan dari pemerintah untuk mencapai target penyelesaian perekaman data e-KTP, dengan cara langsung jemput bola

“Iya ini untuk mempermudah siswa yang sudah berusia 17 tahun, untuk melakukan pembuatan paspor, sim atau kebutuhan lainnya. Kami menyadari anak-anak sekolah, agak sulit untuk mendatangi kantor dan melakukan perekaman, karena terganjal dengan jam belajar. Istilahnya, kado sweet 17 untuk mereka,” katanya ditemui di lokasi pembagian E-KTP.

Khusus untuk rekam data di sekolah, sebutnya, dilakukan dengan cara menyurati terlebih dahulu dan menunggu permintaan serta kesiapan pihak sekolah dikunjungi petugas pelayanan perekaman data. Pelayanan rekam data e-KTP guna mendukung visi terwujudnya tertib administrasi kependudukan dan pencatatan sipil berbasis teknologi pada 2017.

“Kami berharap program ini berjalan sukses dan lancar serta terealisasi secepatnya. Disdukcapil juga akan melakukan perekaman lanjutan menyasar ke 122 sekolah di Bandarlampung,” katanya

Zainudin juga menambahkan gencarnya perekaman E-KTP ke sekolah-sekolah itu juga berkaitan dengan persiapan Pemilihan Gubernur Lampung yang akan berlangsung pada Juni 2018 mendatang. Biasanya Komisi Pemilihan Umum mengambil data pemilih tetap dari Disdukcapil setempat.

“Siswa juga punya hak pilih. Kami juga ingin agar para siswa SMA dapat berpartisipasi dalam pesta pemilu, baik Pilgub, Pileg dan Pilpres,” katanya

Sementara, salah seorang siswi penerima E-KTP, Geisha Indriani, mengatakan berterimakasih kepada Wali Kota Bandarlampung Herman HN yang sudah mempercepat pembagian E-KTP untuk siswa sekolah.

“Yah terimakasih kepada pak Herman. Nanti, E-KTPnya bisa dipakai untuk buat SIM dan rekening bank,” katanya.
(iqb)