BANDARLAMPUNG
A. Zainudin (pin/dok)
05/2/2018 14:35:39
380

Kadisdukcapil: Cetak E-KTP Baru Hanya 10 Menit

Harianlampung.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandarlampung bisa akses ke Virtual Private Number (VPN), kini pembuatan E-KTP hanya makan waktu 10 menit.

"Alhamdulillah, Pemkot sekarang sudah punya akses langsung ke server E-KTP Kemendagri, sehingga hasil perekaman bisa dicetak langsung. Ke depan, kami perkirakan dari perekaman ke pencetakan E-KTP hanya memakan waktu 10 menit saja," kata Kadisdukcapil A.Zainudin, Senin (5/2)

Menurutnya, Disdukcapil juga sudah menambah tiga unit printer E-KTP, sehingga mampu meningkatkan jumlah E-KTP yang dicetak perharinya menjadi sekitar 1000 unit. Sebelumnya, dengan kapasitas tiga mesin printer E-KTP, Disdukcapil Bandarlampung, hanya bisa melayani pencetakan 300 E-KTP.

Sayangnya, layanan ini hanya bisa dinikmati oleh warga Bandarlampung yang baru melakukan perekaman. Untuk yang sebelumnya sudah merekam data E-KTP, masih harus menunggu giliran pencetakan E-KTP dari Disdukcapil.

"Hanya untuk perekaman baru. Yang sebelumnya sudah merekam, kami mohon bersabar," kata Zainudin

Ia menambahkan layanan cetak E-KTP baru dalam 10 menit ini bertujuan untuk mempercepat pembuatan E-KTP. Tak jarang warga Bandarlampung, harus menunggu lama untuk menerima E-KTP.   Sebagaian berbulan-bulan, ada juga yang menahun.

"Yang sudah perekamaman ada 46 ribuan, ada 21 yang belum tercetak, sisa 25 sudah tercetak dan diberikan kepada pemiliknya. Kami harapkan sisa yang belum tercetak itu selesai pada bulan Juni, sehingga tidak ada lagi hutang pencetakan E-KTP di Bandarlampung" katanya

Program pencetakan E-KTP baru dalam 10 menit ini berbuah sambutan positif dari masyarakat Bandarlampung. Salah satunya Amri (45) warga Telukbetung Utara yang baru melakukan perekaman E-KTP tadi pagi dan langsung memperoleh E-KTP di hari yang sama.

"Ya, tadi pagi datang langsung merekam, alhamdulillah ini sudah menerima E-KTP," katanya
(iqb)