BANDARLAMPUNG
Gedung Satu Atap Pemkot Bandarlampung. (pin/dok)
27/2/2018 16:22:23
1199

Warga Bandarlampung Nyaman Urus KTP di Gedung Satu Atap

Harianlampung.com - Warga Bandarlampung untuk mengurus perizinannya tidak perlu repot: cukup datang ke Gedung Pelayanan Terpadu Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung. Ini adalah gedung baru yang masih berada sekompleks dengan perkantoran Pemkot Bandarlampung di Jl. Dr. Susilo Bandarlampung

Gedung berlantai 12 yang diresmikan pada akhir bulan Desember yang lalu oleh Herman HN ini memang menjadi pusat pelayanan terpadu. Di sini warga Kota Bandarlampung bisa mengurus pembuatan data kependudukan dan perizinan.Mulai pembuatan KTP, kartu kuning, PBB, sampai perizinan untuk perusahaan dan koperasi.

Sebelumnya, warga Bandarlampung yang mengurus KTP dan perizinan harus menyambangi Gedung Kuning yang letaknya persis di sebelah kiri Gedung Paelayanan Terpadu ini. Dibandingkan dengan Gedung Kuning, Gedung Pelayanan Terpadu ini lebih nyaman.

Zubaedah (45), warga Kedaton, mengaku merasa nyaman ketika dia menunggu untuk mengurus Kartu Keluarga (KK).

“Enak pak tempatnya luas, anak saya bisa bermain di tempat permaian yang ada,” ujar Zubaedah, ibu dua anak itu.

Wajar banyak warga yang merasa nyaman mengurus KTP dan perizinan di sini. Sebab, selain tersedia ruang tunggu bagi warga yang akan mengurus KTP atau KK, disediakan pula tempat bermain anak – anak. Ada juga tempat menyusui bagi ibu – ibu yang masih menyusui anaknya.

Pada sisi kiri ruang tunggu, Pemkot Bandarlampung menyiapkan Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Ada 3 bank ATM yang tersedia yaitu Bank Lampung, BRI dan Mandiri. “Untung ada ATM pak saya tadi lupa bawa uang,” kata Hendri warga Pahoman. Hendri pada hari itu akan melakukan pembayaran PBB bagi rumah tinggalnya.

Warga Bandarlampung yang tengah mencari pekerjaan untuk mendapat kartu kuning tidak lagi berdesak – desakan di kantor Dinas Tenaga Kerja yang berada di jalan Diponegoro. Cukup datang ke gedung Pelayanan Terpadu di belakang loket pembuatan KTP ada loket yang disedikan oleh Disnaker kota Bandarlampung.

Gedung Pelayanan Terpadu ini rencananya akan diberi nama. Namun kepastian pemberian nama gedung tersebut seusai pesta demokrasi Pilgub. Hal itu disampaikan Walikota Herman HN ketika ditanyakan apa nama gedung pelayanan terpedu, Herman HN sebelum dia cuti hanya menjawab singkat nanti saja.

Semua hal yang berkaitan dengan perizinan di dinas atau satker Pemkot Bandarlampung nantinya akan diurus di sini. Semua dinas kini mulai menyiapkan loket untuk warga yang akan mengurus perizinan. Antara lain Dinas Pendidikan yang menyiapkan loket bagi perizinan pendidikan nonformal serta rekomendasi/izin pendidikan PAUD.

Dinas Kesehatan juga menyiapkan loket bagi warga yang akan mengurus surat izin pendirian apotek, surat izin toko obat, serta sertifikasi bidang kesehatan laik hygiene perhotelan dan jasa boga. Untuk mengurus izin trayek dan rekomendasi analisis dampak lalu lintas (andalalin) Dinas Perhubungan juga menyiapkan stafnya di sana.

Warga Bandarlampung yang akan mendirikan koperasi juga bisa datang ke gedung tersebut untuk mendapatkan izin koperasi dan UKM serta izin usaha simpan pinjam.

Badan Penanggulangan Kebakan yang kantornya berada di pusat kota juga memindahkan perizinan atau rekom proteksi kebakaran di Gedung Pelayanan Terpadu ini. Dinas Infokom,  dan Dinas Tenaga Kerja juga menyiapkan loket di gedung ini.

Pengusaha yang akan meminta rekomendasi menara telekomunikasi juga yang akan melaporkan penempatan tenaga asing bisa mengurus di sini.
(iqb)