BANDARLAMPUNG
Peringatan Nuzulul Qur`an
02/6/2018 22:11:16
672

Warga Korem 043/G Peringati Nuzulul Qur`an 1439 H

Harianlampung.com - Bertempat di Mesjid Al Ikhlas Makorem 043/Gatam Jl.Tengku Umar No.85 Kelurahan Segala Mider Bandar Lampung, Prajurit, Pns danj Ibu-Ibu persit mengadakan peringatan turun nya Kitab Suci Alqur`an (Nuzulul Qur`an) tepatnya pada tanggal 17 Romadhon 1439 H.

Rangkaian kegiatan peringatan Nuzulul Qur`an ini awali dengan Sholat Isya dan sholat Tarawih berjamaah dan dirangkai dengan acara pembacaan Kitab Suci Alqur`an oleh Serka Suparyanto Ba Bintal Korem 043/Gatam dan saritilawah Pns Indah Nurlaili staf Ter Korem 043/Gatam.

Sambutan Komandan Korem 043/Gatam dan Ceramah agama Hikmah Nuzulul Qur`an oleh Ustad Khaidir dari Majelis Ulama Kabupaten Pesawaran.

Dalam kesempatan tersebut Danrem 043/Gatam Kolonel KAV Erwib Djatniko S,Sos menyampaikan, mewakili Keluarga Besar Korem 043/Gatam mengucapkan terima kasih Kepada Ketua MUI Kab. Pesawaran Ustad Khaidir yang telah berkesempatan hadir dalam Peringatan Nuzulul – Qur`an 1439 H di Masjid Al- Ikhlas Korem 043/Gatam dan mengajak agar kita sama-sama selalu berbuat kebaikan, hal ini juga selaras dengan instruksi Pimpinan kita bahwa harus selalu berbuat baik kepada rakyat, karena rakyat adalah Ibu Kandung kita, atas dasar amanat tersebut saya mengharapkan untuk senantiasa menjaga hubungan baik dengan masyarakat, di manapun kita berada kita harus bisa menjadi manusia yang bermanfaat, mudah-mudahan apa yang nanti akan disampaikan Ustad Haidir dapat kita amalkan dalam kehidupan kita sehingga dalam menjalankan ibadah di Bulan Suci Ramadhan ini kita mendapatkan ganjaran kebaikan yang berlipat-lipat dari Allah SWT.

Selesai sambutan Komandan Korem 043/Gatam dilanjutkan dengan ceramah hikmah Nuzulul Qur`an yang sampaikan oleh Ustadz Khaidir di depan sekitar 250 Prajurit, Pns anggota Korem 043/Gatam yang intinya, Pada Malam 17 Ramadhan 611 M malam yang penuh dengan hikmah dan berkah Allah SWT telah memerintahkan kepada Malaikat Jibril AS untuk menurunkan wahyu kepada Nabi yang Mulia yakni dengan diturunkannya kitab Suci umat Islam yakni Al-Quran al-Kariim atau yang disebut dengan peristiwa Nuzulul Quran, Allah SWT menurunkan kitab Suci Al Qur’an sebagai petunjuk kehidupan, oleh karena itu perbanyak baca Al- Qur`an.kita wajib mensyukuri nikmat terhadap Al-Quran, diantaranya dengan melaksanakan kewajiban kita terhadap Al-Quran diantaranya melalui Tilawah atau belajar Alqur`an, Tahfidz Qur`an yaitu menghapal Alqur`an dan Ta`lim yaitu belajar memahami makna Alqur`an.

Dan orang yang mengerjakan Shalat Tarawih di hari ke 5 sama hukum pahalanya dengan salat di Masjidil Aqsa, Madinah & Masjidil Haram, oleh karena itu rugi bagi orang yang meninggalkan salat Tarawih di hari ke 5, selain itu ada 4 Golongan orang yang dirindukan di Surga yang pertama orang yang rajin membaca Al- Qur`an yang kedua orang yang pandai menjaga lisan yang ketiga orang yang suka memberikan makanan kepada orang lapar (Sedekah) dan yang keempat orang yang berpuasa di Bulan Ramadhan.

Turut hadir dalam kegiatan peringatan Nuzulul Qur`an ini Kasrem 043Gatam Letkol INF. Jajang Kurniawan, S.I.P, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Koorcab Rem 043 Ny. Dwi Erwin Djatniko, Dandim 0410KBL Letkol ARM. Didik Harmono, para Kasi jajaran Korem 043Gatam, para DansatKabalak jajaran Korem 043Gatam dan Para Toga, Tomas & Todat Kota Bandar Lampung.
(iqb/rls)