LAMPUNG BARAT
Rakor Koni Lambar (rls/pin)
23/10/2017 16:49:50
167

Persiapan Porprov KONI Lambar Gelar Rakor

Harianlampung.com - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Lampung Barat (Lambar) menggelar rapat koordinasi dengan seluruh pengurus kabupaten (Pengkab) Cabang Olahraga (Cabor)  se-kabupaten di Ruang Rapat Pekuwon, BAPPEDA Lambar, Senin (23/10).

Rapat tersebut guna membahas kesiapan masing-masing Pengkab Cabor menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Lampung ke-VIII yang akan digelar pada 27 November hingga 6 Desember mendatang di Bandarlampung.

Dalam rapat yang dipimpin Ketua KONI Lambar Devi Sukartono dihadiri oleh Sekretaris Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Lambar Drs. Sandarsyah,  membahas soal pemaparan masing-masing Pengkab dalam menghadapi Porprov mendatang.

Kemudian membahas soal kesiapan atklet/managemen/official, kesiapan perlengkapan lomba/administrasi/dokumen dan syarat perlombaan, juga membahas soal kesiapan penginapan masing-masing kontingen, gambaran umum strategi pencapaian target medali.

Saat memberikan sambutan Sekretaris Disporapar Sandarsyah mengatakan,   pada even Porprov tahun ini sebanyak 20 Cabar yang akan diikuti, jumlah tersebut menurutnya cukup banyak, karena itu perlunya persiapan yang matang oleh semua pihak.

”Pada Porprov lalu kita juara tiga, sehingga kalau bisa naik ke juara dua umum dan minimal bertahan.  Pertandingan dimulai 27 november, saya yakin kalau giat, aktif dan rutin berlatih mudah-mudahan prestasi sama dengan tahun sebelumnya, syukur-syukur bisa naik,” ungkapnya.

Kemudian,  lanjut dia, dengan prestasi  yang telah diraih menjadi satu pertanda bahwa Lambar sangat cocok menjadi tuan rumah Porprov tahun 2020 sesuai rencana dan keinginan, apalagi didukung stadion, GOR yang sudah dimiliki oleh kabupatens etempat.

”Kita berharap ada pembangunan berikutnya, kolam renang dan lainnya, dan pemerintah daerah akan mengusulkan ke pusat untuk pembangunangedung-gedung lainnya (fasilitas pendukung) guna terwujudnya Lambar sebagai tuan rumah Porprov,” ujarnya.

Sementara itu Ketua KONI Lambar Devi Sukartono dalam paparannya mengatakan, gambarannya pada Porprov di Lamsel yang lalu Lambar meraih 53 medali emas, sehingga menempatkan Lambar di posisi tiga juara tiga umum.

"Kita berharap untuk Porprov tahun ini bisa lebih dari itu,” ujarnya.

Meski pihaknya mengakui. untuk tahapan pendaftaran sudah menyampaikan entry by name dan secara keseluruhan sudah lengkap. Akan tetapi, ada beberapa Cabor yang belum melengkapi. Dengan itu, pihaknya berharap seluruh Cabor harus pro-aktif memberikan informasi dan meningkatkan koordinasi kepada KONI.

Sementara Wakil Ketua I KONI Lambar Iwan Setiawan mengatakan, Lambar sudah dua kali berturut pada posisi tiga besar. Sehingga, pihaknya berharap tahun ini bisa naik ke posisi dua besar.

”Tahun ini tidak ada tuan rumah, jadi juara II umum insya allah kita raih,” kata Iwan.

Iwan mengatakan, sesuai agenda evaluasi masing-masing cabang, tentang kesiapan atlet, kesiapan personel, kesiapan tempat, dan sekretariat panitia di Hotel Syariah Way Halim yang akan mulai di  buka tanggal 23 November mendatang.

”Kami minta masing-masing Pengkab untuk menyampaikan jadwal masing masing pertandingan dan setiap malam akan dilakukan pengecekan kesehatan atlet. Sehingga pada saat pertandingan tidak ada kendala kesehatan atlet,”  imbuhnya.

Sementara itu hasil paparaan seluruh Pengkab Cabor, kesiapan mulai dari atlet dan administrasi sudah tidak ada kendala,  bahkan untuk maslaah penginapan atlet dan kontingen masing-masing Pengkab juga memastikan bahwa sudah tidak ada kendala.

Sekadar diketahui, ada 20 cabor yang akan diikuti  pada porprov di Bandarlampung tersebut. Dari seluruh cabor tersebut total kontingen yang akan diberangkatkan yakni 30 orang panitia, 284 orang atlet dan sebanyak 80 orang official, sehingga total kontingen Lambar yakni berjumlah 394 orang.

Ke-20  cabor dengan total atlet 284 orang tersebut rinciannya  atletik 12 orang,  voli ball 12 orang, badminton 13 orang, catur 12 orang, gulat 17 orang, judo 7 orang, karate 34 orang, kempo 15 orang, panjat tebing 22 orang, pencak silat 15 orang, renang 7 orang, sepak bola 22 orang, Futsal 16 orang, sepak takraw 8 orang, taekwondo 12 orang, tenis meja 8 orang, tinju 10 orang, wushu  20 orang, panahan 10 orang, dan basket 12 orang.
(rls)