LAMPUNG BARAT
Pembentukan Gakumdu (eva/pin)
23/11/2017 10:23:27
694

Gakumdu Pesibar Segera Dibentuk

Harianlampung.com - Sentra penegakan hukum terpadu (Gakkumdu) yang terdiri dari Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten (Panwaskab), Kepolisian dan Kejaksaan, dalam menghadapi pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Lampung tahun 2018, akan segera di bentuk di Kabupaten Pesisir Barat.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran panwaskab Pesisir Barat, Abd Kodrat S, mengatakan bahwa pada Rabu (22/11), pihaknya juga telah berkoordinasi ke Polres Lampung Barat mengenai rencana pembentukan sentra Gakkumdu di Pesisir Barat, bahkan dalam waktu dekat ini pihak Polres akan mempersiapkan personel yang bertugas.

“ Sedangkan, untuk personel dari Kejaksaan negeri Lampung Barat juga sudah disiapkan oleh pihak Kejari, saat ini tinggal menunggu keputusan dari Bawaslu Provinsi Lampung, “ katanya.

Menurut dia, Gakkumdu dibentuk untuk menindak para pelanggar hukum yang akan dikenakan ancaman pidana pada Pemilihan Umum (Pemilu) seperti Pilgub yang akan dilaksanakan pada 2018 mendatang, termasuk jika ditemukan adanya praktik politik uang. Bisa saja itu akan menjadi pelanggaran hukum.

“ Sentra Gakkumdu, tentu sangat berperan penting salah satunya upaya untuk meminimalisir terjadinya pelanggaran hukum, maupun melakukan penindakan pelanggaran saat Pilgub, “ jelasnya.

Dikatakannya, Panwaskab khususnya di Kabupaten Pesisir Barat ini juga memiliki peran strategis dalam melakukan pengawasan terhadapan pelaksanaan Pilgub di lapangan. Jika ditemukan adanya pelanggaran, tentu akan dikoordinasikan di Sentra Gakkumdu dan di proses sesuai dengan aturan yang berlaku. Karena itu jika ditemukan adanya laporan mengenai pelanggaran hukum pada Pilgub, maka tahapannya Panwaskab akan mengumpulkan alat bukti serta kelengkapan lainnya.

“ Sebelum diserahkan ke penyidik kepolisian,maka semua kelengkapan alat bukti harus siap, sedangkan kejaksaan bertugas melakukan penuntutan ke pengadilan, “ jelasnya.

Lanjut dia, Sentra Gakkumdu juga akan memantau dan memproses perkara pidana pelanggaran pada Pilgub nanti. Selain itu, Gakkumdu juga akan saling memperkuat tugas-tugas yang ada di antara instansi terkait. Dalam penindakan jika adanya pelanggaran hukum pada Pilgub nanti, tentu kewenangan dari Panwas juga terbatas.

“ Sehingga dengan dibentuknya Sentra Gakkumdu yang melibatkan pihak kepolisian dan kejaksaan nantinya semua pelanggaran hukum pada Pilgub bisa ditangani dengan maksimal. Kita berharap dalam waktu dekat ini Sentra Gakkumdu sudah terbentuk, “ pungkasnya

(eva/iqb)