LAMPUNG SELATAN
Zainal Abidin saat sidang putusan. (tom/pin)
16/11/2017 12:45:37
266

Bawa Bom Ikan, Zainal Dihukum 1 Tahun 4 Bulan Penjara

Harianlampung.com - Majelis hakim Pengadilan Negeri Tanjungkarang, Rabu (15/11), menjatuhkan hukuman selama 1 tahun 4 bulan terhadap terhadap Zainal Abidin (41). Terdakwa dinyatakan bersalah membawa bahan peledak jenis bom ikan.

Warga Rangai Utara, Lampung Selatan ini dinyatakan bersalah telah melanggar Pasal 1 ayat (1) UU Darurat No.12 Tahun 1951 tentang bahan peledak. Terdakwa juga terbukti kedapatan membawa bom ikan di sebuah perahu milik Marpaung yang ia bawa.

"Menyatakan terdakwa bersalah, dan menjatuhkan terdakwa hukuman penjara selama satu tahun empat bulan dikurangi masa tahanan," kata Ketua Majelis Hakim Yus Enidar membacakan amar putusan.

Putusan itu lebih ringan dari tuntutan JPU, yang sebelumnya menuntut terdakwa dengan penjara selama dua tahun. Atas putusan itu, JPU dan terdakwa mengatakan menerima.

Dalam dakwaannya, JPU menjelaskan, pada tanggal 24 juni 2017 sekitar pukul 10.00 WIB kepolisian direktoran polisi perairan Polda Lampung mendapat informasi dari masyarakat bahwa ada kapal yang bersandar di pelabuhan PPI Ranggai.

"Mengetahui itu, polisi kemudian langsung menuju lokasi dan mendapatkan bahan peledak jenis bom dua botol, satu botol sirup dan dua botol kratingdeng di anjungan dekat dengan stir kapal," jelas jaksa Rosman Yusa.

Setelah itu, lanjut JPU, terdakwa beserta barang bukti kemudian dibawa ke kantor Ditpol Air Polda Lampung untuk diamankan.
(tom/ale)