LAMPUNG TIMUR
Kadisdag Provinsi Lampung, Ferynia (iqbal/pin)
07/6/2017 16:56:30
227

Pemprov Lampung Gelar Pasar Murah di Lamtim

Harianlampung.com - Gelar pasar murah, Pemerintah Provinsi Lampung bantu warga Lampung Timur sikapi lonjakan harga kebutuhan bahan pokok selama bulan suci Ramadhan dan menjelang Idul Fitri.

Kepala Dinas Perdagangan Lampung, Ferynia yang membuka gelaran pasar murah bersubsidi di Desa Sumberrejo, Wawaykarya dan Batanghari Nuban, Lampung Timur pada Rabu (7/6) mengatakan kegiatan pasar murah ini merupakan bentuk kepedulian Pemprov Lampung terhadap warga dalam menghadapi kenaikan bahan pokok.

"Mudah-mudahan pengadaan pasar murah ini dapat meringankan beban masyarakat Lampung Timur dalam menghadapi inflasi selama ramadhan dan jelang lebaran," katanya kepada harianlampung.com.

Menurutnya, gelaran pasar murah ini, tersedia diskon sebesar 20 hingga 30 persen untuk sejumlah kebutuhan bahan pokok. Misalnya saja untuk telur ayam yang biasanya dijual Rp21 ribu per kilogram, di pasar murah ini dijual hanya Rp18 ribu.

Dalam waktu dekat, Ferynia mengatakan Pemprov Lampung akan kembali mengadakan kegiatan serupa di 15 kabupaten kota. Ferynia mengatakan, kegiatan pasar murah merupakan kegiatan rutin setiap tahun. Tujuannya, membantu masyarakat memperoleh bahan kebutuhan pokok dengan harga yang relatif murah dibandingkan dengan harga di pasar.



Menurut dia, dalam melaksanakan pasar murah, pemerintah provinsi bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat, Badan Logistik Devisi Regional Lampung, PT PPI Lampung, serta sejumlah perusahaan.

Ferynia juga mengatakan kegiatan ini sangat tepat sebagi wujud kepedulian pemerintah terhadap masyarakat yang berpenghasilan rendah dalam mendapatkan  bahan kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau saat menyambut Ramadhan hari raya Idul Fitri nantinya

Pasar murah juga jadi ajang memperkenalkan produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) serta koperasi, serta menggugah kebanggaan masyarakat dalam menggunakan produk dalam negeri.

Sementara,komoditas yang disediakan seperti, beras,minyak goreng,tepung terigu,gula pasir,telur,susu,daging sapi,daging ayam,bawang merah dan putih,cabe,tomat,rempah rempah gas elpiji ukuran 3 kilo gram serta kebutuhan masyarakat lainnya. Pemrov mensubsidi komoditas seperti beras,gula,minyak goreng kemasan,telur ayam broiler dan tepung terigu.

Sementara, Rosdi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan.yang mewakili bupati Lamtim, Chusnunia Chalim menyambut baik kegiatan berharap masyarakat dapat terbantu dalam memperoleh bahan pokok dengan harga relatif murah.

Pemerintah memberikan bantuan subsidi terhadap bahan pokok yang disediakan di pasar murah. Sehingga harga barang tetap lebih murah dibandingkan dengan harga di pasar sehingga dapat terjangkau atau sedikit meringankan masyarakat menghadapi Ramadhan, demikan katanya.
(iqb)