LAMPUNG TIMUR
Charlot “Sasha” Mallet. (pin/ist)
11/6/2017 05:48:33
188

Arinal Hadirkan Sinden Asal Prancis Wayangan di Sribawono

Harianlampung.com - Arinal Djunaidi menghadirkan “Rhoma Irama” dan sinden asal Prancis, Charlot “Sasha” Mallet untuk wayangan bersama Ki Kentus Susmono di Lapangan Merdeka, Sribawono, Lampung Timur, Sabtu (10/6/17).

Calon Gubernur Lampung itu ikut menggoyangkan badan saat `Raja Dangdut` itu menyanyikan lagu melayunya.

Dengan rambut keriting, berjanggut, dan selempang khasnya, “Rhoma Irama” menyapa warga dan menghibur dengan lagu-lagu dangdut yang sudah akrab di telinga warga. “Rhoma Irama KW-14,” celetuk Ki Enthus Susmono. “Rhoma Irama” KW-14 itu sangat mirip aslinya. Masyarakat cukup terhibur oleh celetuk-celetukan Ki Kenthus kepada “Raja Dangdut” KW tersebut.

Lepas tengah malam, giliran Charlot `Sasha` Mallet yang masih “bolong-bolong” pembendaharaan Bahasa Indonesianya dibully khas Ki Enthus. Dalang yang juga Bupati Tegal, Jawa Tengah itu meminta Charlot yang suka dipanggil Mbak Sasha untuk berdiri dan diperkenalkan kepada tiga ribu lebih penonton. Dengan keusilan khasnya, Ki Enthus bilang bahwa istirahat bahasa daerahnya adalah “mentil”. Sasha pun bertanya,” Pak dalang mau mentil?” Ketawa penontonpun pecah.

Mbak Sasha sehari sebelumnya, Jumat (9/6/17), tampil pula di Lapangan Lebakbulus, Bagelen, Gedongtataan, Kabupaten Tanggamus. Selain saling lempar kata-kata, Ki Enthus meminta Charlot yang berpakaian kebaya warna biru dan sarung kain batik menunjukkan kemampuannya mendalang dan menyanyikan lagu-lagu persis seperti sinden. Penonton terpukau dengan kemampuan gadis yang juga sedang meneliti wayangnya Ki Enthus.

Charlot datang ke Indonesia dua tahun lalu. Dia mendapatkan bea siswa untuk mendapatkan gelar doktoralnya di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta dalam bidang gamelan dan wayang. Gadis berusia 25 tahun ini mengenal wayang empat tahun lalu dan tertarik karena wayang merupakan seni yang komplet : musik, drama, puisi, dan lainnya.

Setahun lalu, dia bertemu Ki Enthus dalam pagelaran wayangan. Charlot menilai Ki Enthus dalang yang `keren`. Penampilannya kali ini, Ki Enthus menceritakan tentang kelahiran Arjuna khas gaya Jogja. Charlot tertarik meneliti wayang kulit khas Jogja. Suasana pertunjukan jadi tambah segar dengan kehadiran Charlot ” Sasha” Mallet.

Arinal Djunaidi menggelar pengajian, wayangan, dan saur bersama masyarakat dalam rangka sosialisasi Ketua DPD Golkar Lampung Arinal Djunaidi sebagai calon gubernur Lampung pada Pilgub 2018. EO Jaringan Arinal Berkarya (JAYA) menyiapkan hadiah tiga sepeda motor, lima kambing, uang tunai masing-masing Rp1 juta untuk lima pemenang, dan masing-masing Rp500 ribu untuk lima pemenang.
(sil/mfn)