MESUJI
Sunardi (ish/pin)
31/10/2017 10:40:56
223

PMD Mesuji Kejar Program Pemerintah Pusat

Harianlampung.com - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Mesuji mengusulkan sebanyak 35 Provosal Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) untuk mendapat bantuan keuangan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi tahun angaran 2018 mendatang.

Kepala Dinas PMD Mesuji Sunardi Sukau mengatakan provosal Bumdes yang diajukan terdiri dari berbagai jenis usaha desa.

"Alhamdulillah tahun 2017 ini lima Bumdes dapat bantuan dari kementerian. Masing masing dapat suntikan dana Rp 50 juta. Untuk itu kami ajukan lagi untuk tahun depan, ada 35 provosal Bumdes, mudah mudahan dapat tambahan lagi," ungkap Sunardi.

Selain mengusulkan 34 Bumdes, PMD Mesuji juga mengusulkan 45 desa di Kabupaten Mesuji agar menjadi desa spesial yang mendapat pelayanan khusus dari pemerintah pusat. Kemudian fihaknya juga mengusulkan bantuan pasar desa atau pasar tradisional Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

"Menjadi desa spesial maksudnya desa yang mendapat perhatian lebih dari pemerintah, misalnya desa lain dapat bantuan satu milyar desa apesial ini bisa lebih. Kenapa demikian karena dilihat dari kondisinya sebagian wilayah mesuji merupakan wilayah lahan gambut yang penanganan mesti ekstra," Ujar Sunardi.

Menurutnya upaya yang dilakukan sebagai bentuk komitmennya untuk memajukan desa yang ada di Kabupaten Mesuji. Kemudian mengakali keterbatasan keuangan daerah yang minim sehingga Pemkab Mesuji berinisiatip mengejar berbagai program yang digulirkan pemerintah pusat.

"Di kementerian banyak sekali program, untuk itu kita tak ingin hanya menunggu, tapi kita jemput bola. Kita coba jalin komunikasi yang baik ke pemerintah pusat agar program pusat dapat masuk mesuji. Dalam satu bulan terakhir ini, bersama pak Bupati kita bolak balik jakarta untuk lobi ini," katanya.
(ish)