MESUJI
Lomba Perahu (ish/pin)
25/11/2017 15:51:16
608

Lomba Perahu Meriahkan HUT Mesuji

Harianlampung.com - Pemerintah Kabupaten Mesuji mengelar Festival Sungai Mesuji, dengan perlombaan perahu dayung dan perahu hias yang dipusatkan di sungai mesuji tepatnya di dermaga Desa Wiralaga II, Kecamatan Mesuji, Jumat (24/11).

Rangkaian kegiatan dalam rangka meriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Mesuji ke-9 tahun itu sukses menyedot perhatian masyarakat. Mengingat pada kesempatan itu, Bupati Khamami juga sempat mengikuti perlombaan balap sepeda bebek air, serta membagikan hadiah untuk masyarakat yang mampu menjawab pertanyaan yang diberikan sehingga menambah antusias masyarakat.

Tampak hadir Ketua Pengadilan Negeri Menggala Noor Ichwan Ichlas Ria Adha, Sekretaris Daerah Kabupaten Mesuji Rizal Fauzi, Anggota DPRD Provinsi Lampung Budi Yuhanda, para kepala organisasi perangkat daerah (OPD) pada lingkup Pemkab Mesuji, serta Bupati dan Wakil Bupati Mesuji Khamami-Sapli yang membuka perlombaan perahu dayung dan perahu hias. 

Dalam sambutanya Khamami menyebut bila kedepan kegiatan Festival Sungai Mesuji akan terus digalakan setiap tahunnya dalam rangka meriahkan Hut Mesuji. Dia mengatakan festival lomba perahu dayung dan perahu hias yang diselenggarakan ini, selain menjadi bagian dari rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun ke-9 Kabupaten Mesuji Tahun 2017, juga sebagai upaya Pemkab Mesuji untuk mempopulerkan pesona Sungai Mesuji yang memilki potensi yang sangat memikat di bidang pariwisata.

"Insya Allah tahun tahun selanjutnya akan terus kita laksanakan kegiatan ini. Karena memang sudah jadi budaya masyarakat kampung tua yang ada di perairan gelar lomba perahu antar kampung.  Selain itu kita juga ingin tampilkan bahwa di mesuji juga ada tempat wisata alam sungai mesuji yang masih asri dan Alami," imbuhnya.

Terpisah Kepala Bidang Parawisata, di Dinas Pemuda dan Olahraga Mesuji Rahmad Danil mengatakan lomba perahu dayung diikuti dari perwakilan OPD dan desa desa tua wilayah perairan mesuji.

Sementara perahu hias diikuti dari sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah Mesuji. Diantaranya Dinas Kelautan dan Perikanan, Kesehatan, Pendidikan, Perhubungan, Inspektorat, BPLH, Kecamatan Mesuji, Dinas PMD dan Sekretariatan Pemda Mesuji. Kemudian Partai Nasdem, dan SMK Trilaga Utama dan SMA Negeri Wiralaga yang turut meramaikan perlombaan perahu hias.

"Di babak final, lomba balap dayung dimenangkan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) dengan hadiah sebesar Rp 5 juta dan juara ke-2 diraih oleh Desa Sungai Badak dengan hadiah sebesar Rp 4 juta. Sedangkan juara 3, 4, dan 5 berturut-turut diraih oleh Desa Labuhan Permai, Desa Nipah Kuning, dan Desa Wiralaga I yang masing-masing mendapat hadiah sebesar Rp 3 juta. Begitupun perahu hias," tukasnya.
(ish/iqb)